Pemukiman Penduduk Desa Grojokan Brebek Terendam Banjir

Petugas membantu Warga Terkena Banjir

obsesirakyat.com, Nganjuk-Sejumlah Pemukiman Warga di Desa Grojokan Kecamatan Brebek Kabupaten Nganjuk Mulai Terancam Banjir Tahunan. 
Selain volume hujan meningkat beberapa daerah juga di perparah dengan adanya banjir luapan sungai Konang yang masuk pemukiman warga yang menjadi langganan banjir tahunan ini.

Sejumlah masyarakat setempat meminta adanya bantuan penanggulangan bencana banjir tahunan yang terjadi akibat meningkatnya intensitas curah hujan serta meluapnya sungai Konang.

Jalanan dan Rumah Warga tergenang banjir


Banjir tahunan ini terjadi disebabkan luapan sungai Konang Sehingga air meluber dan masuk ke pemukiman warga juga mengakibatkan sebagian halaman dan rumah penduduk terendam banjir.
“Kita minta adanya bantuan pemerintah daerah. Banjir tahunan selalu dialami warga pemukiman rumah penduduk di beberapa. Persoalan ini harus ditangani karena banjir setiap tahun selalu terjadi,” ucap warga terdampak yang tidak mau disebutkan namanya (25/1).
DIa menuturkan,” selama banjir terjadi di pemukiman rumah penduduk, Korban banjir mengalami kerugian cukup parah. Antara lain kerusakan parabot rumah tangga dan kegiatan warga menjadi terhambat karena banjir menggenangi pemukiman rumah penduduk di beberapa tempat  salah satunya rumah warga Ahmad Jaenuri yang tidak begitu parah dusun Bringkil Rt/Rw 02/03 Desa Grojokan Kecamatan Brebek Nganjuk,”ungkapnya.
 Dijelaskan,” Selama banjir tahunan. Korban jiwa belum pernah terjadi. Tetapi kerusakan material bangunan sudah sering dialami bahkan hampir setiap setahun sekali. 

“Ini yang menyebabkan kerugian yang selalu dialami masyarakat,” ungkap ayah dua anak dengan melihat kondisi curah hujan saat ini akan terus mengalami peningkatan di Desa Grojokan Kecamatan Brebek Nganjuk.
Sementara Tim Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nganjuk, Tagana, Muspika Brebek, Perangkat Desa serta aparat terkait bersama-sama membantu warga terdampak bencana banjir akibat tingginya curah hujan dan meluapnya sungai Konang hampir setiap tahun dialami warga yang berada di pemukiman rumah penduduk wilayah Kecamatan Brebek.
Apabila curah hujan masih tinggi, lanjutnya, diprediksi debit air bisa saja bertambah adapun pemukiman warga yang dilanda luapan sungai Konang lingkungan RT.01 RW.02 Dukuhan dan RT. 03 RW.03 dusun Bringkil dengan ketinggianbair antara 50-65 cm.(kus/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *