BST Perdana Pemkab. Madiun Tahun 2017 Di Ds. Babatan Lor, Balerejo

Bupati Madiun Menggelar BST Di Babadan Lor

obsesirakyat.com,Madiun-Pemkab. Madiun mengawali kegiatan Bhakti Sosial Terpadu ( BST) di Tahun 2017. Desa yang dipilih sebagai lokasi pertaman adalah Ds. Babadan Lor Kec. Balerejo, Selasa (7/2)

Sebagaimana biasa ditahun-tahun sebelumnya, kegiatanBST berlangsung selama 2 hari dandipimpin langsung oleh Bupati Madiu H. Muhtarom, S.Sos, dengan diikuti pula oleh Ketua  DPRD, Sekda, anggota Forkopimda, Kepala OPD Kab. Madiun dan Ketua TP PKK.Kab. Madiun.

Bambang Suprianto, S.Pd. Kades Babadan Lor melaporkan, bahwa potensi unggulan  desanya adalah tanaman jerukyang mana saat ini buahnya sudah menjadi incaran banyak kalangan.Berbagai upaya dilakukan pemerintah desa  untuk meningkatkan hasil produksibuah jeruk, salah satunya adalah denganmemberikan bantuan bibit. Sedangkan untuk menambah nilai jual maka jeruk asal desa Babadan Los diberikan nama Jeruk Balikambang.

Selain tanaman jeruk yang menjadi potensi unggulan desa, juga ada tanaman padi Untuk menambah fasilitas desa, Kades Babadan Lor berencana akan membangun taman desa yang ditepatkan dilapangan, dengan harapan akan dapatdimanfaatkan warga untuk berolah raga sekaligus berjualan dan bersilaturahmi. Dilaporkan pula, bahwa jumlah penduduk sebanyak 2530 orang terdiri 1800 oranglaki-laki dan sisa 1730 orang perempuan. Luas wilayah 292 Ha. Pendapatan masyarakat mayoritas dari sektor pertanian, sektor UMKM masih kecil, menjahit, anyaman tas plastik, ternak Lele, ternak kambing dan sapi.

Dilaporkan pula bahwa, setelah Mejayan berubah menjadi menjadi ibu kota Kab. Madiun, maka Ds. Babadan Lor jugamenjadi jalan alternative yang menuju Ngawi dan kota lainnya. Sehubungan dengan hal tersebut mohon drainasesepanjang jalan PU yang sudah ada bisa disempurnakan. Demikian pula dengan sektor pendidikan yang juga ada kendala utamanya untuk sekolah PAUD dan TK, mohon dibantu perbaikan karena kondisinya sudah mempratinkan sedangkan saat ini masih banyaksiswanya.Bersama Warga Menikmati nasi bungkus saat kerja bakti

Terkait dengan pengaspalan jalan dilaprokan, bahwa ruas jalan yang di aspalsepanjang 400 m x 2,8  m dengan biaya sebesar 70 Juta Rupiah  yang bersumber dari dari pemkab. Madiun sebesar 21,5 Juta Rupiah.  29,4 juta rupiah berasal dari desa dan swadaya masyarakat sebesar 9juta rupiah.

Bupati Madiun Muhtarom, S.Sos dalam sambutannya antara lain mengatakan,” bahwa saat ini kegiatan BST di tahun 2017 sudah dimulai dan putaran pertama ada di Ds.Babadan Lor Kec. Balerejo. Kegiatan yang berjutujuan untuk menjalin silaturahmi dengan warga masyarakat ini dimanfaatkan oleh Bupati Madiun untuk menyampaikan beberapa informasi pembaangunan Kab. Madiun. terkait dengan bidang pertanian Bupati Madiun menginformasikan bahwa sepanjang tahun 2016 musim penghujan sangat panjang. Kondisi seperti  ini menyebabkan munculnya hama tanaman.

“Untuk itu sebagai petani harus waspada, jajaran Dinas Pertanian dan Peternakan turun kelapangan mencari solusi terbaik untuk memberantas hama termasuk didalamnya hama wereng. Kelompok tani hendaknya proaktif, apabila ada indikasi serangan hama segera menghubungi petugas penyuluh pertanian lapangan untuk dicarikan jalan keluarnya. 

Bupati menyarankan agar tanaman padi yang sudat diserang wereng segera dibabat dan dibakar saja. Hal ini penting agar seranganya tidak meluaskemana-mana karena pergerakan hama wereng sangat sangat cepat.

Musim seperti saat ini tidak hanya berbahaya bagi tanaman tetapi jugaberbahaya bagi manusia. Biasanya saat seperti ini dimungkinkan akan munculpenyakit Diare maupun Demam Berdarah(DB). Untuk itu bila ada anggota keluarga yang terserang diare atau DB segera disikapi. Kalau ada yang mengalami panas/demam tinggi segera bawa ke Puskesmas atau kedokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan danpertolongan, karena kalau terlambat penangannya bisa berakibat fatal dan bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah meluasnya diare dan DB laksanakan gerakan pemberantaaan sarang nyamuk(PSN).

Terkait dengan sektor keamanan Bupati Madiun mengingatkan, bila ada warga baru atau tamu yang menginap dilingungan kita, hendaknya melapor ke RT setempat untuk didata, jangan sampai kecolongan, seperti kita tahu dibeberapa tempat terjadi pengerbegan teroris atau kejahatan lainnya. Demikian halnya dengan keamanan lalu lintas. Saat ini jumlah kendaraan bermotor bertambahterus dan tidak diimbangi denganpenambahan jumlah ruas jalan, hampir setiap bulan jumlah sepeda motor baru mencapai 1500 unit. Untuk itu kita harus berhati hati saat berkendara, gunakan kelengkapannya. 

Terkait dengan banyaknya jalan lingkungan yang rusak Bupati Madiun menjelaskan, bahwa hal ini disebabkan karena sepanjang tahun 2016 intensitas hujan cukup tinggi, sehingga tanah menjadi lembek dan aspal tidak bisa berkembang. Untuk itu Bupati Madiun menghimbau agar untuk perbaikan jalanlingkungan hendaknya menggunakansistem beton saja dengan pola PNPM. Jalan beton ini sangat cocok untuk jalan yang banyak airnya.

Terkait dengan pendidikan,” saat ini Kab. Madiun punya Akademi Komunitas Negeri, diharapkan anak anak yang tamat SMA/SMK dapat melanjutkan pendidikan di AKN Madiun, karena persaingan tenaga kerja aat ini cukup ketat maka tenaga kerja kita minimal harus lulus D2. Silahkan anak-anak yang sudah lulus SMK/SMA ikut bergabung dengan AKN untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan kita. Bagi yang berprestasi akan mendapatkan bes siswa.

Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam kegiatan BST antara lain, olah raga bersama, sarasehan, kunjungan ke keluarga sedang sakit, kerja bhakti.pengaspalan jalan, pelayanan administrasi ( KTP, KK, AKTE Kelahiran, SIUP, SIM ), Sertifikat Tanah Pelayanan Kesehatan, Pasar Murah, Keluarga Berencana, Pemeriksaan Kesehatan Ternak, Posyandu dll.

Pada kesempatan ini Bupati Madiun dengan didampingi Ketua  DPRD dan Sekda Madiun berkebnan menyerahkan bantuan alat sekolah untuk siswa SD/MI, bnatuan perawatan masjid, sembako untuk warga kurang mampu, alat sekolah dan uang saku, dan bantuan lainnya untuk penyandang cacat.

Selain itu Bupati juga menyetujui usulan/permohonan masyarakat antara lain bantuan APE, BKB Kids dibantu 1 paket, alat jahit ajukan proposal, bola volly dan net, keyboard , alat hadroh, pengeras suara untuk musholla 1 unit, Al Qur’an dan Ikrok. Bantuan UMKM 10 juta. Bibit Jeruk 300 bstang,  bibit hortikultura 200 batang, kambing 8 ekor, ikan lele 3000 ekor dan nila 2000 ekor, serta terpal dibantu, Traficount 8 buah, PJU 3 titik, untuk bantuan Aspal dibantu keuangan desa 60 juta. Kultivator juga dibantu.

Terkait denga pasar murah Bupati Madiun mengatakan,” bahwa semua barang yang dijual dipasar murah harganya disubsidi sekitar 30 % dari harga pasar. Bupati berharap agar pembeli dapat antri dengan tertib karena semua yang mendapat kupon pasti akan kebagian. Untuk memeriahkan acara sarasehan, masyarakat dihibur dengan grop seni campursari Pemkab. Madiun dan grop seni lawak H. Zakirun,”Pungkasnya.(Rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *