Sengketa Lahan KKPA Desa Salimuran dan Harapan Jaya 

Sengketa Lahan KKPA Desa Salimuran dan Harapan Jaya 

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Walaupun sudah sering kali pihak aparat Kepolisian,TNI dan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu melakukan mediasi persengketaan lahan antara Desa Salimuran dan Desa Harapan Jaya,  tapi tak kunjung selesai.

Rapat yang dilaksanakan Kamis (25/10), di kantor Kecamatan Kusan  Hilir untuk menangani sengketa lahan KKPA/Plasma Desa Salimuran di Kecamatan Kusan Hilir dan Harapan Jaya di Kecamatan Kusan Hulu yang sudah bertahun-tahun bermasalah. Sengketa lahan KKPA/Plasma tersebut dikarenakan kedua  pihak saling mengklaim lahan tersebut milik mereka.

Sulhadi, M.IP. Kabag Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu menjelaskan, “Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun 2012 lalu telah mengeluarkan SK Perbatasan Desa Salimuran dan Desa Harapan Jaya. Namun, keduanya memperebutkan lahan yang luasnya kurang lebih 180,2 ha. Sementara lahan tersebut merupakan KKPA/Plasma,” ungkapnya saat dikonfirmasi di ruang kerjanya. 

Mereka berharap kedua belah pihak duduk bersama dengan kepala dingin untuk mencari solusi. Apabila persengketaan tersebut masih belum menemukan titik temu, maka pihak Kepolisian, TNI, dan Pemkab berniat menyelesaikan dengan jalur apapun, agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. “Permasalahan teknis biar aparat yang berwajib yang memutuskan karena tidak saling memahami,” tandasnya. (ags/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *