Luas Kebakaran Hutan di Nganjuk Melebihi 10 Hektar

Luas Kebakaran Hutan  di Nganjuk Melebihi 10 Hektar

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Hingga hari Selasa (6/11) pukul 22.30 Wib, kebakaran hutan masih melanda beberapa wilayah hutan di Kabupaten Nganjuk. Termasuk aea hutan jati yang masuk KRPH Gedang Klutuk, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan.

Berdasarkan penjelasan Administratur Perum Perhutani KPH Kediri Ratmanto, SH, ada beberapa titik api. “Diantaranya ada di petak 16-B seluas 2 hektar, petak 18-C seluas 2,5 hektar dan petak 21-D seluas 6 hektar,” jelasnya. Lebih jauh Ratmanto menjelaskan jika kebakaran sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

“Dilihat dari hasil foto satelit, masih terlihat kobaran api,” imbuhnya seraya menyebutkan taksiran nilai kerugian sebesar Rp 73 juta lebih. “Kebakaran hutan di Nganjuk sudah berlangsung sejak bulan September lalu. Terjadi di beberapa titik, antara lain di Dusun Salamjudeg, Desa Blongko, Kecamatan Ngetos eluas 2,5 Ha, kemudian area hutan yang paling luas di Desa Bajulan, Kecamatan Loceret seluas 38 Ha. Juga yang terbaru dan belum padam, ada di Desa Ngliman ini,” imbuh Kepala Pelaksana BPBD Soekonjono, SH.

Sebenarnya dari kemarin (6/11) siang Tim gabungan BPBD, Polhutmob, Polres dan Kodim 0810 Nganjuk berniat bersama-sama  memadamkan kebakaran itu. Namun, perjalanan terpaksa terhenti saat sampai di Pos Pantau Watulawang, Desa Ngliman akibat turun hujan yang menyebabkan jalur menjadi licin dan dirasa  membahayakan. (gung/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *