Jum’at Bersih Guna Pencegahan DB

Jum’at Bersih Guna Pencegahan DB

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka pencegahan wabah Demam Berdarah Dengue (DBD), masyarakat lingkungan Kecamatan Sungai Loban mengadakan kegiatan bakti sosial Jum’at Bersih, Jum’at pagi (8/2).

Kegiatan bersih-bersih lingkungan kali ini di Desa Kerta Buwana dengan melibatkan pemerintah setempat. Camat Sungai Loban, Samsir, memimpin langsung kegiatan bersih-bersih lingkungan jalan desa, fasilitas perkantoran, dan fasilitas umum lainya.

Kegiatan yang juga bertepatan dengan rutinitas Jum’at Bersih kali ini, Camat menghimbau agar masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat. Selain itu juga dihimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan apalagi saat ini tingkat curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan genangan air yang bisa menjadi wadah nyamuk berkembang biak. Diantaranya nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD.

Kegiatan Jum’at Bersih di isi pula dengan sosialisasi pencegahan DBD yang disampaikan oleh petugas kesehatan Puskesmas Sebamban 1. Pencegahan DBD dilakukan dengan cara 3M+ yakni Menguras, Menutup, dan Menimbun/Mendaur ulang. Sedangkan Plus (+) dimaksud memakai kelambu atau pelindung dari gigitan nyamuk, dan menaburkan bubuk abate. Bubuk Abate bisa didapat di Puskesmas Sebamban 1.

Kegiatan Jum’at Bersih melibatkan Muspika, Camat Sungai Loban Samsir SE, MAP dan Ketua TP PKK Kecamatan Ny Hardianti Samsir, Sekcam Mutawally, SE, Kasi Pemmas Kessos M Irfani M.Pd, staf Kantor Kecamatan, Petugas Kesehatan dan Bidan Desa, dan Penyuluh Pertanian PPL BPP. Kegiatan Jum’at Bersih didukung dan dilaksanakan Kades Kerta Buwana, Wayan Katon bersama aparatur desa, BPD dan Perangkat Desa serta masyarakat. (rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *