Sambut Nyepi, Umat Hindu Tanbu Persiapkan Melasti

Sambut Nyepi, Umat Hindu Tanbu Persiapkan Melasti

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Umat Hindu di Kabupaten Tanah Bumbu akan menggelar upacara Melasti dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.

Sama seperti tahun lalu, upacara Melasti tersebut dilaksanakan di Pantai Madani Tanjung Batu, Kecamatan Sungai Loban.

Upacara Melasti tersebut diprediksi bakal dihadiri ribuan pengunjung.

Pasalnya, suasana Melasti di Pantai Madani ini bakal serasa di Pulau Bali yang identik dengan nuansa Hindu kental. Dihiasi payung, umbul-umbul, dan iringan musik tradisional serta memakai pakaian adat berwarna putih dan lainnya.

Kegiatan keagamaan tahunan yang rutin dilaksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu ini telah masuk dalam program kegiatan kabupaten yang tentunya turut mengangkat objek wisata pantai Madani Tanjung Batu di Kecamatan Sungai Loban.

Camat Sungai Loban, Samsir, mengatakan Melasti merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar di Pantai Madani Tanjung Batu Kecamatan Sungai Loban.

“Upacara Melasti digelar di Pantai Madani tanggal 4 Maret 2019. Acaranya dimulai pukul 09.00 s.d 15.00 Wita,” ungkap Samsir saat ditemui pada Rabu (27/02).

Rngkaian acara yang meliputi kegiatan seremonial dimulai pukul 09.00 Wita dibuka dengan tarian panyembrama dan pementasan beleganjur karang taruna.

Tak lupa diisi dengan acara ritual keagamaan yang dimulai pukul 13.00 Wita dengan pementasan tarian rejang dewa, tarian rejang renteng, dharma wacana, dan persembahan bersama oleh umat Hindu. (rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *