Pesan Bupati Tanbu Bagi Para Netizen

Pesan Bupati Tanbu Bagi Para Netizen

pesan-bupati

Obsesirakyat.com, Tanah bumbu – Guna menangkal penyebaran ujaran kebencian (hate speech), fitnah, dan juga hoaks yang beredar di masyarakat melalui media sosial, nampaknya jurnalistik memiliki peran penting.

Peran tersebut dapat dilakukan dengan cara memverifikasi setiap pemberitaan, tanpa mengabaikan fakta, bukan sebuah opini dari masyarakat. Hal ini dikatakan Bupati Tanah Bumbu melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tanah Bumbu (Diskominfo Tanbu) Ardiansyah, S.Sos. saat membuka Seminar dan Pelatihan Jurnalistik di Mahligai Bersujud Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat, Rabu (03/04).

Menurutnya, dalam seminar ini para netizen akan mendapatkan sebuah referensi langsung dari praktisi media tentang cara membuat berita yang menyejukan bukan berita hoaks yang dapat memicu permusuhan. “Melalui seminar ini para komunitas netizen akan menghasilkan berita terverifikasi dapat dipertanggung jawabkan dalam menangkal berita hoaks,“ sebutnya.

Narasumber oerwakilan MetroTV Kalsel Budi Ismanto mengatakan bahwa netizen yang aktif sebagai penggiat jurnalistik media sosial harus mengedepankan pemahaman terhadap produk jurnalis dan bentuk informasi singkat di media sosial. Dia menjelaskan, sebuah berita kecelakan dan kebakaran bukanlah berita karya jurnalistik, namun hal itu adalah sebagai informasi pengantar. Sebuah karya jurnalistik akan dikatakan sebuah produk yang benar serta memenuhi unsur yang lengkap dengan standar 5 W+1 H, tambahnya.

Kemudian di era media digital ini tambah dia, semua orang bisa jadi wartawan namun tidak semua orang bisa mengemas jurnalistik dengan bersandar pada kode etik dan undang undang Pers. “Dengan dua perbedaan ini kita harus memahami produk Jurnalistik yang profesional termasuk jua didalamnya memahami mana mana karya jurnalistik dan berita bohong atau Hoax,” pungkasnya. (**/Red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *