Pemkab Tanbu Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Gratis

Pemkab Tanbu Gelar Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Gratis

6-baksos-bibir-sumbing

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Bakti Sosial Operasi Katarak dan Bibir Sumbing gratis bagi warga Bumi Bersujud, Selasa (9/4).

Kegiatan bakti sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang ke-16. Kegiatan baksos yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Andi Abdurrahman Noor tersebut digelar selama 3 ( hari, sejak 9 hingga 11 April 2019.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian serius dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem. Didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Mulyawati Rooswandi, Sekda berkesempatan mengunjungi dan menyerahkan bingkisan dari pemerintah daerah kepada pasien operasi bibir sumbing.

“Ini sebgai wujud perhatian pemerintah daerah terhadap masyarakat Tanah Bumbu yang Kurang mampu,” ujar Rooswandi disela-sela kegitan tersebut. Menurutnya, dengan memberikan pelayanan operasi secara gratis, pemerintah daerah telah meringankan beban penderitaan mereka yang saat ini sangat membutuhkan bantuan biaya. Selain itu, operasi bibir sumbing dan katarak tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kualitas hidup warga masyarakat yang menderitanya, sehingga mereka dapat kembali menikmati keseharianya dengan normal seperti warga lainya.

“Kegiatan ini adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mendukung terciptanya masyarakat yang sehat agar mampu optimal melakukan kegiatan sehari-hari,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa, dr Deky Atmadja, menyebutkan dari data yang disampaikan Puskesmas, pihaknya telah menerima sebanyak 31 pasien penderita bibir sumbing. Namun yang belum dioperasi sebanyak 11 orang.

“Dari hasil seleksi, kita hanya bisa melaksanakan operasi kepada 5 orang saja, sisanya tidak bisa dilakukan tindakan, karena alasan medis, belum cukup umur dan mengundurkan diri,” tambahnya. Sementara utuk operasi Katarak, pihaknya menerima 5 pasien pada program gratis kali ini, akan tetapi melalui program lain sudah ada 99 mata yang sudah dioperasi pada tahun 2018.

Disinggung mengenai persyaratan untuk mengikuti program operasi gratis ini, dr Deky Atmadja menjelaskan beberapa syarat yang harus dipenuhi, di antaranya masyarakat terlebih dahulu mendaftarkan pasien di Puskesmas masing-masing, selanjutnya melampirkan KTP dan Kartu Keluarga serta membuat pernyataan tidak mampu di Puskesmas.

“Setelah semua persyaratan tersebut dipenuhi, maka akan dilakukan pemeriksaan awal/skrining dipuskesmas terdekat untuk memastikan pasien bisa memenuhi persyaratan medis,” jelasnya. Ditempat yang sama, Direktur RSUD Andi Abdurrahman Noor, dr. Arman Jaya Rikky mendukung dan menyambut baik program tersebut. Bukti dukungannya, RSUD Andi Abdurrahman Noor telah mempersiapkan tenaga-tenaga medis dan dokter spisialis terbaiknya. “Untuk Operasi bibir sumbing akan dilakukan oleh dr. Yacob Massang Sp. B dan untuk katarak akan ditangani oleh dr. Indra Ariesta Sp. M pungkasnya. (rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *