Peresmian Kawasan Sentra Ekonomi Terpadu Desa Sejahtera

Peresmian Kawasan Sentra Ekonomi Terpadu Desa Sejahtera

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu Para perusahaan pertambangan di Kabupaten Tanah Bumbu berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya mendorong peningkatan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan oleh perusahaan pertambangan yang tergabung dalam Bubuhan CSR Arutmin Satui yaitu dengan diresmikanya Kawasan Sentra Ekonomi Terpadu (KASET) yang ada didemplot Desa Sejahtera Mulia, Kecamatan Satui. Peresmian KASET ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin pada Kamis (25/04).

Kepala Teknik Tambang Arutmin Indonesia Satui, sekaligus Penasehat Bubuhan CSR Satui, Novriadi, mengatakan dibangunnya kawasan sentra ekonomi terpadu dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat mengingat pusat niaga yang sebelumnya berada di Desa Sejahtera Mulia sudah tidak bisa menampung aktivitas jual beli. Wilayah pasar kurang memadai dan kawasan terlalu kecil sementara kebutuhan masyarakat akan adanya pasar sangat tinggi, ungkapnya.

Oleh karena itu sebagau wujud kepedulian perusahaan tambang melihat perlunya dibangun sebuah kawasan sentra ekonomi terpadu. Kami yakin bahwa dengan kawasan ini akan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, tambahnya. Sementara itu, melimpahnya potensi sumber daya alam seperti sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan juga menjadi salah satu alasan dibangunnya kawasan sentra ekonomi terpadu di Satui.

Dalam sambutannya yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin, Bupati Tanah Bumbu, H. Sudian Noor mengucapkan selamat atas diresmikannya kawasan sentra ekonomi terpadu mengingat kawasan ini sangat penting dan strategis sebagai upaya untuk menumbuhkan kembangkan geliat perekonomian masyarakat. Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bubuhan CSR Arutmin Satui dan semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembanguan kawasan sentra ekonomi terpadu ini, ucapnya.

Bupati berharap keberadaan kawasan sentra ekonomi terpadu yang dibangung di atas lahan seluas 7,8 ha tersebut hendaknya juga mampu menjadi salah satu wadah pendorong dan motor penggerak majunya pertumbuhan ekonomi masyarakat di Tanah Bumbu. Selain sentra niaga, terdapat pula rumah trainer, ruang pelatihan, aula, mushola, sentra budidaya perkebunan, budidaya peternakan, budidaya perikanan, rumah tani penggarap, dan akan dibangun embung pada tahun 2019. Sebelumnya, melalui Bubuhan CSR Arutmin, demplot tersebut telah memiliki hand traktor, mini traktor, peralatan olahraga, sarana pengembangan budaya adat lokal, bus sekolah, dan mobil perpustakaan keliling yang telah dimafaatkan oleh warga Desa Sejahtera Mulia. (Rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *