Para Ulama Tanbu Gelar Multaqo Habaib Untuk Kedamaian Negeri

Para Ulama Tanbu Gelar Multaqo Habaib Untuk Kedamaian Negeri

whatsapp-image-2019-05-21-at-9-19-14-pm

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu beserta jajaran pengurus pondok pesantren dan cendekiawan muslim se-Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan Multaqo Ulama Habaib, Selasa (21/5).
Kegiatan berlangsung mulai pukul 17.00 Wita bertempat di Hall 2 Seroja lantai 4 Hotel Ebony Batulicin Jl. Raya Batulicin, Batulicin-Tanah Bumbu. Kegiatan tersebut menghadirkan banyak kalngan dari pihak organisasi kemasyarakatan, keagamaan, organisasi kepemudaan, hingga jajaran birokrat. Antara lain: Bupati Tanbu yang diwakili Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan dan politik H.M. Thaha; Kapolres Tanah Bumbu AKBP Kus Subiyantoro, S.I.K beserta jajaran dan Polsek; Dandim di wakili Dan Unit Intel Kodim 1022/TNB LETDA Didik Kuat beserta jajaran; Ketua KPU Tanah Bumbu MakhrurI, SE; Wakil Ketua Muhammadiyah Tanbu; Ketua GMNI Tanbu M. Helmi; Wakil Ketua NU Tanah Bumbu Tanbu Anton Sujarwo; Perwakilan LDII Tanbu Ahmad Riyadi; Ketua MUI Kec. Kusan Hilir M.CHARIS; Ketua MUI Kec. Karang Bintang M.Thoyib; Pembina Tamir Masjid Agung AlFalah H.Paijan; dan Sekretaris Forza Tanbu/selaku Ketua Panitia Kegiatan H. Salam.

Ketua Panitia Kegiatan H. Salam dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada hadirin yang menyempatkan waktu menghadiri forum, “Dengan meningkatkan ketaqwaan demi keamanan negara agar selalu kondusif dan damai. Kegiatan hari ini juga bertujuan mempererat tali silahturahi agar tidak saling fitnah, saling memaafkan satu dengan yang lainnya agar terciptanya sinergritas multaqol ulama, Habaib, pimpinan pondok pesantren, cendekiawan dan mahasiswa muslim Tanah Bumbu,” tuturnya.

Selanjutnya sambutan Bupati Tanbu H. Sudian Noor yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan dan politik H.M. Thaha menyampaikan bahwa, “Pemkab Tanbu mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, karena memiliki peran strategis membangun kembali jaminan silaturahmi, semangat persatuan dan kesatuan, serta keutuhan NKRI, apalagi suasana politik setelah ditetapkannya hasil Pemilu serentak pada hari ini, masih meninggalkan jejak-jejak residual yang dapat menimbulkan keretakan bahkan perpecahan atau disintegrasi bangsa.” Ungkapnya.
Di bulan suci Ramadhan ini, Pemkab mengajak seluruh umat Muslim di Kabupaten Tanbu untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dalam menjalin Silaturahmi serta menerangi radikalisme, intolerance dan Berita Hoax yang semakin masif saat ini. “Dengan begitu, maka kita akan dapat menunjukan ibadah puasa Bulan Suci Ramadhan dalam keadaan damai tanpa permusuhan.” Tutupnya.

Kemudian dilanjutkan sambutan dari Said Hadid Al-Eydrus, selaku Ketua Pondok Pesantren Se-Tanah Bumbu, “Merupakan sebuah kebahagian bisa bertemu dan silahturahmi pada hari ini dan khususnya malam 17 ramadhan ini. Apalagi setelah perhelatan besar memilih pemimpin kita. Konspirasi ini banyak menguras perhatian dan energi kita sehingga banyak menafsirkan keadaan melalui medsos. Mengetahui hasil keputasan pemilu bukan tentang siapa yang menang, kemenangan ini miliki kita bersama,” jelasnya.

K.H Fadli Muis selaku Ketua MUI Tanbu turut menyampaikan dalam sambutannya, “Dalam bulan Ramadhan yang paling mulia adalah malam 17 ramadhan turunnya Al’quran, dan pada hari ini kita bisa berkumpul dengan para habaib, ulama, pejabat dan tokoh masyarakat untuk dapat mempererat tali silahturami persaudaraan kita. Dalam tujuan orang beriman ada 2 yaitu yang pertama kita hidup untuk ibadah sekalipun gawian kita itu juga sebagian ibadah dengan niat mencari nafkah untuk keluarga, yang kedua jangan sampai hati kita sakit. Kita menginginkan negara kita ini aman dan tentram, semoga kita selalu bisa menghargai satu sama lain karna di Indonesia berbagai macam agama, tetapi kita selalu bisa tetap aman, tentram dan tenang,” ungkapnya.
Kegiatan dihadiri sekitar 150 orang dan dilanjutkan dengan salat maghrib berjamaah dan berbuka puasa bersama. (red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply