KKP Wilayah Batulicin Sosialisasikan Pengendalian Vektor

Obsesirakyat.com, Tanah bumbu- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Banjarmasin, wilayah kerja Batulicin menggelar sosialisasi Pengendalian Vektor dan Binatang Pembawa Penyakit.

Sosialisasi ini dibuka Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) melalui Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit, Arifin, di Hotel Ebony Batulicin, Kamis (25/04/2019).

Dikatakannya, hal ini adalah bentuk keterpaduan Vektor antara pihak yang terlibat dalam lingkup pelabuhan maupun Dinkes Tanbu dan pihak KKP guna mengantisipasi penyebaran nyamuk demam berdarah (DBD).

“Kasus demikian terus menjadi perhatian karena sudah menjadi program Pemerintah Daerah melalui Dinkes untuk mengantisipasi meluasnya endemis nyamuk DBD di berbagai titik sasaran,” ujarnya.

Narasumber dari pihak KKP, Akhmad Yani menjelaskan, tujuan sosialisasi ini adalah sebagai upaya pengendalian penyakit dari binatang yang terindikasi vektor.

Menurutnya, hal ini tentang bagaimana melakukan tindakan pencegahan secara cepat dan pengendalian terhadap penyakit vektor dan Binatang Pembawa Penyakit (BPP) di pintu masuk pelabuhan.

“Upaya yang terpenting adalah melakukan pencegahan terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), melalui upaya PSN, 3M Plus, dan mengaktifkan gerakan satu rumah satu jumantik di wilayah pelabuhan dan bandara,” paparnya.

“Kemudian terus melakukan pengawasanya melalui air bersih, pengawasan tempat pengelolaan makanan, pengawasan higienis sanitasi tempat umum, pengelolaan sampah dan limbah serta pemeriksaan sanitasi alat angkut,” bebernya. (**/Red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *