Arah Kiblat Masjid Apung Multiyears CSR BIB di Tetapkan

Tanah bumbu- Arah kiblat untuk rencana pembangunan Masjid Apung Pagatan ditetapkan.

Penetapan arah didapat setelah dilakukan pengukuran oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanbu.

Pengukuran dilakukan pada Kamis, (27/06) di lokasi rencana pembangunan masjid apung yang ada di Siring Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Turut menyaksikan pengukuran Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor bersama pihak PT Borneo Indo Bara (BIB) selaku inisiator pembangunan masjid apung yang diwakili CSR and External Relation Head, Dindin Makinuddin.

Pembangunan Masjid Agung Pagatan merupakan program multiyears yang menggunakan dana CSR dari perusahaan tersebut sebesar 22 milyar rupiah, serta direncanakan selesai dibangun dalam jangka waktu dua tahun.

Dindin menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi perhatian sehingga perlu perhitungan secara detail, terutama karena letaknya yang berhadapan dengan laut lepas.

“Ada beberapa hal yang diperhitungkan secara matang, seperti tingkat kedalaman pasang surut air laut serta pembangunan pemecah ombak di sekitar lokasi masjid,” contohnya.

Hal-hal seperti itu, menurutnya akan mempengaruhi kekuatan bangunan. Karenanya ketelitian menjadi syarat utama pembangunan, agar masjid kuat dan kokoh.

Kemudian lanjutnya, pembangunan masjid ini juga dalam rangka mendukung program pemerintah daerah dalam pengembangan destinasi wisata di Kab Tanbu, terutama wisata religi.

“Sesuai dengan RPJMD kabupaten yang menjadikan wisata sebagai salah satu tujuannya, maka setelah selesai dibangun, Masjid Apung Pagatan akan menjadi salah satu destinasi wisata religi disini,” sampai Dindin.

Pada kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, terutama Bupati H Sudian Noor atas masukan yang telah diberikan, selama proses pembangunan masjid apung tersebut.

“Semoga doa dan dukungan yang telah diberikan dapat menjadi amal sholeh untuk kita dan anak cucu kita nanti,” tutupnya.

Sementara itu Bupati H Sudian Noor saat acara menyampaikan apresiasi kepada pihak perusahaan atas partisipasinya dalam turut mensukseskan pembangunan di Kab Tanbu.

“Banyak kontribusi yang telah disalurkan perusahaan bagi Tanah Bumbu. Selain masjid ini, sekarang juga sedang dibangun gedung Puskesmas di Angsana, yang digadang menjadi terbaik tidak hanya di Kalimantan namun hingga di tingkat nasional,” sebutnya.

Bupati H Sudian Noor berharap, masjid ini nantinya tidak hanya menjadi salah satu destinasi wisata religi di Kab Tanbu, namun bisa lebih dari itu.

“Mesjid ini nanti bisa dijadikan tempat berkumpul dan berkegiatan masyarakat. Seperti contohnya, khataman Al-Quran dari para santri Rumah Tahfidz yang ada disini,” ujarnya.

Bupati berharap semoga masjid apung tersebut dapat menjadi kemaslahatan bagi umat dan menjadi bagian dari wujud komitmen perusahaan dalam turut membangun sumber daya manusia di Bumi Bersujud.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kemeang Tanbu Abdul Basit, Kabag Kesra, Ahmad Fauzi, Camat Kusan Hilir, Dewi Murni, beberapa pejabat SKPD dan para ulama serta tokoh masyarakat. (Rel)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *