Rangkaian Peringatan Upacara Adat Ade Massorong Pulau Sewangi

Rangkaian Peringatan Upacara Adat Ade Massorong Pulau Sewangi

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Masyarakat Pulau Sewangi laksanakan Budaya turun menurun Peringatan Upacara Adat Ade Massorong di Pulau Sewangi yang dilakukan setiap tahun di bulan Oktober, Sabtu (19/10).

H.Syarwani, Ketua Adat Pulau Sewangi ketika dimintai keterangan, Sabtu(19/10) di Pulau Sewangi di tempat acara mengatakan bahwa, acara Upacara Adat Ade Massorong ini sudah ada sejak jaman dulu.
Menurut sepengetahuan mereka, Syarwani sudah termasuk keturunan yang ke 5, kalau sampai sekarang sudah keturunan ke 7.
Jadi peringatan adat upacara Ade Massorong ini sudah di peringati jaman dulu sampai sekarang, sudah turun temurun serta mendarah mendaging di warga masyarakat Pulau Sewangi.

“Upacara Adat Ade Massorong merupakan, upacara permohonan doa restu kepada sespuh atau tetua pendahulunya agar warga masyarakat Pulau Sewangi selalu dalam lindungganya, diberikan keselamatan, di jauhkan dari musibah, dan selalu diberikan berkah dan rejeki dalam kehidupannya. Sebagai simbol rasa ucapan terimakasihnya kepada leluhurnya mereka melarung dan menyorong bahasanya sebuah sesaji ke laut. Dalam acara Upacara Adat Ade Massorong tersebut semua warga masyarakat pulau sewangi yang ada di luar daerahnya mereka juga datang untuk mengikuti acara upacara adat massorong tersebut,” jelas Syarwani.

Abdul Rahim selaku Pembina Panitia peringatan upacara adat Ade Massorong Pulau Sewangi di tempat yang sama menambahkan, “Acara ini terdiri atas 3 rangkaian acara, pertama peringatan untuk memeriahkan, acara sakral atau acara upacara adat ade massorong, dan pesona Pulau Sewangi. Dalam acara juga di memeriahkan berbagai lomba, antara lain balap speedboat, ketinting, dan balogo. Khusus lomba balogo itu angaran dari kantong pribadi, yang lainnya angarannya dari pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

“Serta tak lupa juga ucapan terima kasih kita sampaikan kepada pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, yang selalu mendukung dan membantu setiap tahun di saat ada acara Adat Ade Massorong Pulau Sewangi. Kami berjanji setiap peringatan upacara adat ade massorong di Pulau Sewangi akan lebih baik untuk menciptakan ide ide baru dan menarik masyarakat dan para pengunjung wisata agar mereka bisa ikut meramaikan acara,” tandasnya.(ags/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply