Pembangunan Pamsimas Dan Embung Belum Efektif

Pembangunan Pamsimas Dan Embung Belum Efektif

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Rapat koordinasi terkait Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat(PAMSIMAS) dalam rangka keberlanjutan program di 118 Desa Kabupaten Tanah Bumbu, di Gedung Mahligai Bersujud Karpet, Selasa(3/3).

Rapat dihadiri oleh Intansi terkait SKPD, Asosiasi KP SPM PAMSIMAS, dan Kepala Desa.
Dalam rangka keberlanjutan program Pamsimas di 118 Desa penerima program di Kabupaten Tanah Bumbu.
Rencana kerja sama pemanfaatan Pamsimas dengan Badan Usaha Milik Desa.
Dalam rapat tersebut muncul berbagai kendala dan permasalah yang ada di Desa terkai adanya pembangunan Pamsimas dan Embung, yang selama ini belum maksimal dinikmati oleh warga masyarakat Desa.

Salah satunya parmasalahan di Desa Giri Mulya yang belum terselesaikan terkait kendala teknis bagaimana bisa memaksimalkan fungsi dengan adanya pembangunan Pamsimas dan Embung yang benar benar bisa dirasakan masyarakat,
“Kami juga merasa bosan menghadiri beberapa kali rapat terkait hal tersebut tapi tidak pernah ada tindak lanjutnya. Mulai pembangunan Pamsimas dan Embung, pihak kami desa belum pernah ada petugas yang datang untuk memberikan bimbingan teknis kendala kendala terkait bagaimana Pemsimas dan Embung bisa difungsikan dengan maksimal dan masyrakat bisa dirasakan oleh masyarakat,” kata Kasmun Kepala Desa Giri Mulyo disaat memaparkan kendala di desanya dalam forum rapat tersebut.

H.Ansyari Firdaus, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu ketika dimintai keterangan di ruang kerjanya, Jumat(6/3) mengatakan,
“Pembangunan baik Pamsimas maupun embung sebenarnya sudah dilaksanakan sesuai aturan yang ada. Namun khususnya pembangunan embung seharusnya lokasi dekat sungai dan tidak jauh dari permukiman masyarakat yang mana disitu ada pembangunan Pamsimas. Namun untuk memenuhi persyaratan tersebut sangat sulit untuk terpenuhi. Namun itu tetap bisa dilaksanakan untuk jaga jaga di musim penghujan bisa untuk menampung air. Terkait informasi di Desa Giri Mulyo, kami akan segera menindaklanjuti turun ke lokasi secepatnya,” tandasnya. (Ags/red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply