Dampak Pandemi Covid-19, Kriminalitas Meningkat

Dampak Pandemi Covid-19, Kriminalitas Meningkat

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Melemahnya sektor perekonomian akibat terdampak pandemi covid-19 ikut mempengaruhi trend kriminalitas atau pelanggaran tindak pidana di Kota Angin Nganjuk dalam beberapa minggu terakhir.

Trend kenaikan angka kasus kejadian pelanggaran tindak kriminal itu diakui oleh Kasat Reskrim Polres Nganjuk Iptu Nikolas Bagas YK, SIK.
“Mayoritas kenaikan pada kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan(curat) yang menyasar rumah-rumah di pinggiran,” ujar Nikolas yang mengakui jika kasus kriminal cenderung naik saat korona mewabah seperti saat ini.

“Apalagi, pandemi virus ini juga mengakibatkan banyaknya warga yang terpaksa harus kehilangan pekerjaan atau mata pencaharian karena banyak yang tutup maupun merumahkan karyawannya. Padahal, kebutuhan pokok tidak mungkin bisa dihentikan. Dan sifat dasar manusia yang cenderung berbuat nekat bila sudah sangat bingung cari jalan keluar,” imbuhnya.

Hal itu diwujudkan dalam berbagai tindakan. Mulai dari pembobolan rumah, curatmor, pencurian ternak hingga pencurian hasil panen yang sedang dijemur di dekat rumah ataupun disimpan dalam gudang. Menyikapi hal itu pihak Polres Nganjuk juga mengantisipasi dengan meningkatkan giat patroli baik mandiri maupun gabungan bersama Satuan lain serta bersinergi bersama TNI dan Satpol PP.

Namun pihaknya belum bisa memberikan keterangan saat ditanya kemungkinan adanya keterkaitan peningkatan trend angka kriminalitas dengan banyaknya narapidana yang dibebaskan dari Lapas.
“Masih kita dalami dan pelajari, soal ada tidaknya keterkaitan dengan hal itu(pembebasan napi -red),” pungkasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa(21/4) menjelang dilaksanakan vidcon bersama para Kasat dan Kapolsek. (Gung/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply