Babinsa 01/Birayang Dampingi Dinas Kesehatan Lakukan Pemberian Vitamin A

Babinsa 01/Birayang Dampingi Dinas Kesehatan Lakukan Pemberian Vitamin A

Obsesirakyat.com, Barabai – Babinsa Koramil 1002-0/1 Birayang Sertu Agus Rohmad dan Kopda Erly melaksanakan pendampingan sekaligus pengamanan pelaksanaan pemberian vitamin A oleh Dinas Kesehatan dari Puskesmas Batu Tangga, Rabu (12/08/2020) kemarin sore.

Pemberian vitamin A ini ditujukan kepada bayi,balita, dan lansia yang ada di desa Datar Batung Kecamatan Batang Alai Timur Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Telah disampaikan oleh ketua rombongan Kepala Puskesmas Batau Tangga yaitu Hj. Norkamahina, S.Kep bahwa, “Pemberian vitamin A penting untuk bayi dan balita hingga usia 2 tahun, karena vitamin A adalah zat gizi yang penting dan tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi anak-anak membutuhkannya untuk dapat bertahan hidup dan berkembang,” tuturnya.

Untuk lebih lanjut Nurkamhina menjelaskan mengenai sumber vitamin A berasal dari makanan dan suplemen
“Makanan yang kaya akan vitamin A termasuk Air Susu Ibu (ASI) dan pangan hewani seperti daging merah, ikan, dan produk susu. Vitamin A juga terdapat pada sayuran bewarna hijau misalnya sayur bayam, serta buah-buahan berwarna merah dan oranye seperti mangga, ubi jalar, dan wortel,” terangnya.

“Anak yang tidak mendapat asupan makanan yang cukup, perlu diberi suplementasi vitamin A untuk mencegah Kurang Vitamin A (KVA) dan pemberian suplementasi vitamin A secara universal dapat mengurangi angka kematian pada anak,” lanjutnya.

Sedangkan Sertu Agus Rohmad usia melakukan pemberian vitaman A kepada salah satu balita, ia menyampaikan, ”Bahwa dirinya sangat mendukung sekali kegiatan yang dilakukan oleh Puskesmas Batu Tangga ini, terlebih mengenai kegiatan pemberian vitamin A ini,” tuturnya.

“Dengan adanya pemberian vitamin A ini memiliki tujuan sangat baik sekali yaitu untuk pertumbuhan/perkembangan bayi dan balita dalam mempersiapkan generasi yang unggul demi masa depan yang gemilang,” tandasnya. (P.1002/red2).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply