Polhut-TNI-Polri Sinergi Padamkan Karhutla

Polhut-TNI-Polri Sinergi Padamkan Karhutla

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Usai sholat Jumat, telah terjadi KARHUTLA (Kebakaran Hutan dan Lahan) di dalam petak 40a yang areanya seluas 50,3 Ha pada hutan masuk RPH Malangbong, BKPH Bogor, KPH Ngajuk, Jumat (21/08/2020) pukul 14.00 WIB.

Pada lahan tersebut ditanai jenis tanaman MKP dengan tahun tanam 2015 dengan kelas hutan TJKL pada Hutan masuk RPH Malangbong, BKPH Bagor, KPH Nganjuk.

“Pihak Polhut BKPH Bagor yang mendapat informasi adanya kebakaran hutan dan lahan di TKP segera mendatangi usai meminta bantuan ke Polsek Bagor dan Koramil Bagor. Bersama Asper Perhutani dan warga sekitar langsung lakukan usaha pemadaman,” jelas Kapolsek Bagor AKP Tommi Hermanto, SH melalui Kasubbag Humas Polres Nganjuk Iptu Roni Yunimantara.

“Berbagai upaya pemadaman karhutla itu diantaranya dengan melakukan sekat bakar atau liaran pada titik-titik api,” terang Roni.

“Upaya tersebut dilakukan dengan cara tradisional dengan melakukan gepyok menggunakan ranting kayu basah dan sabit yang dilakukan bersama-sama dalam satu gerak lurus perlahan. Karena tanpa menggunakan alat pemadam maupun mobil PMK, api baru dapat dipadamkan dalam waktu +/- 5 jam,” imbuh Roni yang dibenarkan KRPH Tunglur Adi Pranoto, mandor tanam Heri dan 2 anggota Koramil Bagor Agus dan Sunyoto.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 17.30 WIB. Sementara soal penyebab kebakaran yang mengakibatkan pihak Perhutani menderita kerugian materi sebesar lebih dari Rp.3000.000,- itu masih dalam penyelidikan.

Namun di dapat dugaan kuat bahwa lahan tersebut sengaja dibakar oleh orang yang tidak bertanggung-jawab atau tidak tahu jika pembakar hutan dan lahan dapat dikenai tuntutan pidana. (Gung/red2)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply