PDAM Bersujud Tidak Sehat, Zairullah: Libatkan SDM Berkompeten Kembangkan BUMD

PDAM Bersujud Tidak Sehat, Zairullah: Libatkan SDM Berkompeten Kembangkan BUMD

Obsesirakyat.com, Tanah bumbu – Kondisi PDAM Bersujud, Tanah Bumbu dinilai tidak sehat, sehingga menimbulkan keprihatinan berbagai pihak. Kabar jumlah kerugian perusahaan plat merah milik pemerintah daerah ini meningkat signifikan mendapat sorotan, dan diharapkan untuk segera dievakuasi pengelolaannya.

Tidak sehatnya pengelolaan ditubuh PDAM Bersujud ini tak ditampik anggota DPRD kabupaten Tanah Bumbu, H. Hasanuddin. Ia mengakui jika Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkab Tanah Bumbu ini harus segera dibenahi.

“Untuk nilai kerugian tahun 2020 nanti kita tunggu hasil audit independen. Tapi kabarnya meningkat signifikan dari sebelumnya, yakni Rp. 10 miliar. Kalau 2019 lalu mencapai Rp.5 miliar,” ucap Ketua Fraksi PKB ini kepada awak media, belum lama tadi di Batulicin.

Hasanuddin berjanji akan menindaklanjuti informasi ini. DPRD, terutama Fraksi PKB mengusulkan pemanggilan kepada manajemen PDAM Bersujud. Pihaknya ingin mengetahui latar belakang dan faktor penyebabnya kerugian sebesar itu. Masalah ini harus dipertanggung jawabkan.

“Nanti setelah kami panggil akan diketahui semuanya. Apa penyebabnya,” imbuhnya.

Karena keberadaan PDAM Bersujud adalah kebutuhan hajat orang banyak, sehingga harus dipertahankan dan ditingkatkan pelayanannya. Sehingga apapun program kerja dan kebijakan kepala daerah, tak terkecuali pemimpin yang baru, Zairullah Azhar usai dilantik nanti.

“Kami Fraksi PKB, akan perjuangkan apapun program untuk perbaikan PDAM Bersujud. Termasuk jika nanti harus ada penyertaan modal dari pemkab, DPRD siap mendukung,” tegasnya.

Pihaknya berharap, harus dibenahi total melalui manajemen baru.

“Nah agar hal ini tidak terjadi lagi tentu kedepannya kita wajib melakukan pembenahan manajemen dan perencanaan bisnis yang lebih baik,” pungkas Hasanuddin.

Karena ia melihat jika hal tersebut dilakukan, PDAM Bersujud sebenarnya mampu menjadi BUMD yang menghasilkan bagi pemda, bukan sebaliknya.

Sementara Bupati Tanah Bumbu terpilih 9 Desember 2020 lalu, HM Zairullah Azhar berkomitmen untuk terus mengembangkan PDAM Bersujud Kedepannya.

Bahkan nanti di era kepemimpinannya nanti PDAM Bersujud bisa menjelma sebagai BUMD yang tidak hanya sehat secara bisnis, namun juga mampu memberikan pelayanan kebutuhan air bersih maksimal kepada masyarakat.

“Agar BUMD ini bisa sehat secara bisnis, tentunya kita harus banyak melibatkan orang-orang yang kompeten dibidangnya,” kata Zairullah, Selasa (12/1/2021) lalu.

Menurutnya, mereka inilah nanti yang akan membuat perencanaan, pengelolaan dan menjalankan bisnis agar PDAM Bersujud menjadi profesional dan mampu mencetak laba bagi daerah.

Lalu dari sisi pelayanan, dirinya menargetkan dalam 2 tahun masa kepemimpinannya, 95 persen warga Tanbu akan teraliri air bersih dari PDAM Bersujud.

“Untuk bisa mencapai target tersebut pembenahan dan pengembangan jaringan air akan kita lakukan,” tambahnya.

Bahkan, ia memiliki angan-angan kedepan air bersih yang diproduksi PDAM Bersujud bisa langsung diminum. (*/Red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply