4.840 Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Bumbu

4.840 Vaksin Sinovac Tiba di Tanah Bumbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu telah menerima sebanyak 4.840 vial Vaksin Sinovac di UPTD Instalasi Farmasi (Gudang Farmasi) Jl. Lokalitbang Gunung Tinggi, Selasa (26/02/2021).

Kepala Dinas Kesehatan, H. Setia Budi, saat dikonfirmasi oleh awak media menyampaikan bahwa vaksin untuk Covid-19 tersebut telah tiba di Gudang Farmasi sekitar pukul 14.00 siang waktu setempat dengan pengamanan ketat dari Polda Kalsel.

“Jumlah vaksin yang telah kami terima yakni sebanyak 4.840 vial, yang Rabu besok akan kami distribusikan ke sebanyak 10 Kecamatan di 14 Puskesmas di Tanah Bumbu, dan Insya Allah pada hari Kamis akan kita mulai laksanakan pemberian vaksinasi,” jelas Budi.

Untuk sasaran vaksinasi, ia menyampaikan bahwa vaksinasi akan ditujukan terlebih dahulu untuk tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Nanti ada sebanyak 2.420 tenaga kesehatan yang akan di vaksin, meliputi mereka yang bekerja di Rumah Sakit Swasta, Klinik, Puskesmas dan tenaga kesehatan lain yang berada di Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.

Terkait prosedur, ia menjelaskan 2.420 orang nakes tersebut akan memperoleh masing-masing dua kali pemberian vaksin dengan jeda waktu 14 hari.

Kadis Kesehatan juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan dari Pemerintah Provinsi terkait sasaran berikutnya yang akan mendapatkan vaksinasi.

“Setelah nakes selesai, sasaran selanjutnya kita akan mengikuti arahan dan instruksi dari Provinsi hingga nantinya seluruh masyarakat Tanah Bumbu dapat terlayani dengan vaksin ini,” imbuhnya.

Untuk itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu takut perihal isu-isu yang beredar terkait vaksin Covid-19 yang akan dipergunakan.

“Tentunya Pemerintah Pusat telah melakukan uji klinis dan melewati tahapan-tahapan yang sampai pada tahap dimana vaksin ini sudah dinyatakan aman dan halal, jadi kami menghimbau agar masyarakat tidak perlu cemas dan takut,” ujar Setia Budi. (fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply