Disnakertrankop UM Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Tanbu

Disnakertrankop UM Adakan Pelatihan Berbasis Kompetensi di BLK Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Keberadaan Balai Latihan Kerja Kabupaten Tanah Bumbu (BLK Tanbu) menjadi sarana pemerintah daerah guna meningkatkan keahlian masyarakat, terutama para pencari kerja.

Pada Selasa (23/02/2021), melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM), pemerintah daerah mengadakan pelatihan berbasis kompetensi.

Kegiatan ini meliputi pelatihan pembuatan roti dan kue serta pelatihan instalasi listrik bangunan sederhana. Dengan jumlah peserta sebanyak 32 orang dengan pembagian, satu kelas tiap pelatihan dengan 16 peserta masing-masingnya.

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Syaikul Ansari melaporkan, pelatihan ini mengalokasikan waktu sebanyak 140 jam pelajaran untuk pelatihan kue dan roti, serta 260 jam pelajaran untuk pelatihan instalasi listrik bangunan sederhana.

Pelatihan akan diisi oleh narasumber dari Disnakertranskop UM, Kecamatan dan Polsek Kusan Hilir terkait soft skill dan praktisi dari pabrik roti dan PLN untuk teori dan praktik keahlian.

“Setelah pelatihan ini, selanjutnya akan ada lagi pelatihan menjahit, las, ototmotif dan tata rias yang dilaksanakan di BLK Tanah Bumbu,” ungkaapnya.

Sekretaris Disnakertranskop UM, M Aini saat membacakan sambutan Bupati menyampaikan, kegiatan ini memiliki arti penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Bumi Bersujud.

Bupati juga berpesan agar peserta dapat mengikuti pelatihan secara sungguh-sungguh, guna meningkatkan keahlian dan keterampilan.

“Dan menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif, kompeten dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pasar kerja, sehingga mampu meningkatkan pendapatan dan perekonomian keluarga,” tutupnya. (Rel/red1)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *