Pj Gubernur Kalsel Launching Pelaksanaan MTQN Ke- 33 Tingkat Kalsel di Tanah Bumbu

Pj Gubernur Kalsel Launching Pelaksanaan MTQN Ke- 33 Tingkat Kalsel di Tanah Bumbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Launching pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus Rapat Koordinasi LPTQ Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2021 digelar di Ruang Bersujud 1 Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (23/2/2021) pagi.

Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, melaunching pelaksanaan MTQN Ke-33 sekaligus membuka Rakoor LPTQ tersebut secara virtual langsung dari Kantor Gubernur di Banjarbaru.

Pada saat Rakoor LPTQ dan Launching MTQ Ke-33, Gubernur Safrizal ZA menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan seluruh LPTQ se-Kalsel serta panitia yang sudah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk pengembangan tilawatil quran di Kalsel.

“Teruslah memperjuangkan agar Al-Qur’an membumi di Kalimantan Selatan. Baik dari segi keindahan, bacaan, maupun pengamalan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Tilawatil Quran, sambung Gubernur, dikembangkan bukan hanya untuk musabaqah atau perlombaan saja, tapi yang paling mendasar adalah menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan kita sehari-hari.

Terkait MTQN Ke-33 di Kabupaten Tanah Bumbu, sebut Gubernur, tentunya Kabupaten Tanah Bumbu telah bersiap mempersiapkan segala sesuatunya agar pelaksanaan MTQN Tingkat Kalsel berjalan dengan lancar.

“Penyelenggaraan MTQN ini adalah milik kita bersama, bukan hanya tanggungjawab Kabupaten Tanah Bumbu. Untuk itu, kepada Kabupaten/Kota lainnya untuk bersama-sama membantu Kabupaten Tanah Bumbu meyukseskan pelaksanaan MTQN ke-33 ini,” ujar Pj Gubernur.

Disamping itu, Pj. Gubernur berharap pelaksanaan MTQN Ke-33 nanti pelaksanaanya lebih baik dari MTQ sebelumnya. Baik dari sisi penyelenggaraan maupun dari sisi kualitas peserta yang bermusabaqah.


Sementara itu, terkait kesiapan Kabupaten Tanah Bumbu menjadi tuan rumah MTQN Kalsel, Sekretaris Umum LPTQ Kab. Tanbu, Abdul Hamid, mengatakan panitia penyelenggara MTQN Ke-33 Tingkat Kalsel sudah mempersiapkan segala sesuatunya sekitar satu bulan ini.

“Panitia penyelenggara terus berkoordinasi dengan berbagai pihak. Saat ini persiapannya sudah mencapai 50 persen. Karena titik –titik penting sudah ditentukan seperti logo, tema, perumahan kafilah dan dewan juri, pelatihan announcer, dan lainnya. Saat ini kita menunggu kesiapan panggung utama yang terus dikerjakan,” sebutnya.

Kesiapan lainnya, sebut Abdul Hamid, karena pelaksanaan MTQN ini dimasa pandemi Covid-19, sehingga protokol kesehatan diperketat.

Misalnya saja, pada saat datangnya para kafilah, maka akan dilakukan cek kesehatan terlebih dahulu. Pihak panitia telah menyiapkan rest area cek kesehatan. Selain itu, untuk pelaksanaan pawai ta’aruf dan bazaar juga ditiadakan.

Hadir pada saat Rakoor LPTQ Kalsel Tahun 2021 dan Launching Pelaksanaan MTQN Ke-33 Tingkat Kalsel, Staf Ahli Gubernur Kalsel, Plh. Bupati Tanbu, Kakanwil Kemenag Kalsel, Ketua Umum dan Ketua Harian LPTQ Kalsel beserta jajaran, Kepala Kantor Kemenag Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalsel, serta undangan.

Adapun pelaksanaan MTQN Ke-33 di Kabupaten Tanah Bumbu akan dilaksanakan 1 s.d 9 April 2021. Tema MTQN Ke-33 yakni “Melalui MTQN XXXIII Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Kita Bangun Generasi Qurani yang Cerdas dan Berakhlaqulkarimah”. (Rel/red1)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *