Dinas PUPR Tanbu Siapkan Bantuan 3.400 Septic Tank Untuk Masyarakat

Dinas PUPR Tanbu Siapkan Bantuan 3.400 Septic Tank Untuk Masyarakat

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pelatihan dan Penguatan Kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan di Aula Hotel Ebony Batulicin, Kamis (04/03/2021).

Kadis PUPR Tanbu H. Ansyari Firdaus melalui Abdul Hamid, ST. selaku Kepala UPTD Pengelolaan Air Limbah Domestik Dinas PUPR Tanbu kepada Obsesirakyat.com mengatakan bahwa setelah kegiatan tersebut para Tenaga Fasilitator setelah dilatih akan turun ke Desa dalam rangka pembuatan Septic Tank kepada masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kenapa Septic Tank? karena Pemerintah bertujuan untuk mengurangi limbah lingkungan, mencegah terjadinya stunting, serta membentuk pola hidup yang lebih bersih dan sehat di lingkungan masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa program yang telah berjalan sejak tahun 2018 tersebut di tahun 2021 akan dialokasikan bantuan sebanyak 3.400 Septic Tank yang akan dibagi ke 10 Kecamatan dengan menyasar untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Jadi sasaran penerima bantuan ini yaitu khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang dinilai kurang mampu dan belum mempunyai sanitasi yang sehat, dan nanti juga akan kita survei kelayakannya,” ujarnya

“Untuk dananya sendiri bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Sanitasi yang akan turun di tahun 2021 ini,” sambung Abdul Hamid.

Terkait dengan kendala, Abdul Hamid juga mengatakan bahwa kendala yang dihadapi yakni terkait dengan wawasan masyarakat.

Oleh karena itu ia menyampaikan akan ada tim pemberdayaan yang akan melakukan sosialisasi dan edukasi guna meningkatkan pemahaman masyarakat terkait Septic Tank yang akan digunakan.

“Untuk pelaksanaannya akan secepatnya kita realisasikan, seharusnya sudah dimulai sejak Januari kemarin namun ditunda karena waktu itu belum ada kejelasan dana,” tutupnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply