Remaja Karang Taruna dan Kader Posyandu Dilatih Cara Pengolahan Kompos Berbahan Limbah Rumah Tangga

Remaja Karang Taruna dan Kader Posyandu Dilatih Cara Pengolahan Kompos Berbahan Limbah Rumah Tangga

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Tim Pokjanal Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan cara pengolahan kompos padat dan cair.

Pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai 28 Februari s.d 1 Maret 2021 bertempat di Posyandu Widuri Desa Ringkit Kecamatan Kuranji.

Para remaja dan kader posyandu tersebut dilatih cara mengolah kompos cair dengan tujuan pengolahan sampah organik dari sisa makanan yang diutamakan mengandung karbohidrat dan protein.

Selain itu, juga dilatih cara mengolah kompos padat dengan tujuan pengolahan sampah organik yang berasal dari daun-daunan, sisa sayuran mentah, dan lainnya.

Pelatihan pengolahan kompos ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan dan monitoring posyandu dalam rangka persiapan mengikuti lomba posyandu tingkat provinsi tahun 2021.

Hasanah selaku Kasi PKPM pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan (PMLK) Dinas PMD Tanbu, mengatakan selain pelatihan pengolahan kompos, pada pembinaan tersebut juga dilakukan evaluasi pemanfaatan sampah, memandu kader posyandu menginput aplikasi SiPandu, pengelolaan bank sampah, klarifikasi data kependudukan, pembinaan pemanfaatan pekarangan, dan lainnya.

Adapun Tim Pokjanal Posyandu Kab. Tanbu yang melakukan pembinaan dan monitoring posyandu terdiri dari Dinas PMD, DLH, Disdikbud, dan Disdukcapil Tanbu. (Rel/red1)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *