Cegah Stunting, Dinas PMD Gelar Pelatihan KPM

Cegah Stunting, Dinas PMD Gelar Pelatihan KPM

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Sebagai upaya dalam pencegahan serta penanganan penyakit Stunting, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM), Kamis (18/03/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sekretariat PKK Kapet tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Nahrul Fajeri beserta jajaran, Staf Ahli Bupati, SKPD, PKK, dan tamu undangan.

Kadis PMD, Nahrul Fajeri melalui Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Masyarakat, Hj. Maulida Hayati, dalam sambutannya menjelaskan bahwa KPM merupakan masyarakat desa yang dipilih dari musyawarah desa untuk membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) di tingkat Desa secara spesifik.

Setelah dilaksanakan pelatihan tersebut ia berharap dapat meningkatkan kapasitas efektivitas dan kapabilitas KPM di tingkat Desa dengan lebih optimal.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan peran dan fungsi daripada KPM, menurunkan angka Stunting terkhusus di Kabupaten Tanah Bumbu serta untuk mengidentifikasi sasaran yaitu 1000 HPK atau Hari Pertama Kehidupan yang ada di Tanah Bumbu,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin, dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memberikan apresiasi serta menyambut positif digelarnya kegiatan tersebut.

Hal ini juga sekaligus merupakan tindak lanjut dari Pemkab Tanbu terkait Peraturan Menteri Desa (Permendes) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Pelatihan Kader Pembangunan Manusia ini mempunyai peran penting dalam upaya kita melakukan pencegahan penyakit Stunting, disamping itu tugas dan peran para KPM dalam melakukan pencegahan stunting hingga ke pelosok desa dan memastikan bahwa setiap desa di Kabupaten Tanah Bumbu mendapatkan layanan yang berkualitas,” kata Bupati.

Oleh karena itu Bupati berharap pelatihan KPM tersebut dapat berjalan dengan maksimal sehingga membantu Pemerintah dalam penanganan Stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Untuk itu saya harap kepada seluruh peserta pelatihan Kader Pembangunan Nanusia agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sehingga dapat terbentuknya Kader yang handal dan profesional serta melaksanakan tugas mulia bidang kemanusiaan,” harap Bupati. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply