Cegah Anemia Pada Remaja Putri, Dinkes Tanbu Canangkan Gerakan dan Kampanye Sehat

Cegah Anemia Pada Remaja Putri, Dinkes Tanbu Canangkan Gerakan dan Kampanye Sehat

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan menggelar Gerakan Pencanangan Tablet Tambah Darah dan Kampanye Isi Piringku Pada Remaja Putri di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kamis (25/03/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri jajaran Dinas Kesehatan dan intansi terkait, serta remaja putri tingkat SMP dan SMA.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Tanbu sekaligus Ketua Pelaksana, H. Rakhmatullah, mengatakan tujuan diadakannya kegiatan tersebut dilatarbelakangi menyangkut tentang masih tingginya kasus anemia terkhusus di kalangan remaja putri.

“WHO menyatakan bahwa anemia atau yang biasa dikenal penyakit kurang darah ini merupakan salah satu masalah kesehatan di seluruh dunia termasuk di negara berkembang sekitar 30% penduduk diperkirakan menderita penyakit ini salah satunya di Indonesia,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa anemia dapat menurunkan konsentrasi belajar yang juga dikhawatirkan apabila tidak ditangani dan diintervensi sejak dini dapat menyebabkan remaja putri menjadi calon ibu yang melahirkan generasi yang kurang gizi atau stunting.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Dr. H. Setia Budi, SKM, MM, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dirasa penting mengingat remaja putri merupakan generasi penerus yang akan berperan dalam kemajuan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Melalui gerakan tablet tambah darah dan kampanye isi piringku ini kita harapkan kita dapat mencegah anemia di kalangan remaja putri serta mewujudkan generasi yang lebih sehat dan meningkatkan semangat belajar mereka,” jelas Budi.

Ia juga menambahkan bahwa gerakan tersebut juga dicanangkan secara serentak dan diikuti secara virtual di 10 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu melalui Puskemas.

“Kegiatan ini akan terus kita laksanakan secara continue atau terus menerus di Kabupaten Tanah Bumbu sehingga kita juga dapat melihat remaja putri kita semoga mampu menorehkan prestasi yang terbaik,” pungkasnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply