Tingkatkan Kualitas Keafirmasian, BPOM Tanbu Bersama Lintas Sektor Sosialisasikan Capa

Tingkatkan Kualitas Kefarmasian, BPOM Tanbu Bersama Lintas Sektor Sosialisasikan Capa

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Balai POM Tanah Bumbu menggelar Sosialisasi Tindaklanjut Hasil Pengawasan Dan Desk Capa Untuk Sarana Pelayanan Kefarmasian bertempat di Gedung TP PKK Tanbu, Selasa (22/06/2021).

Kegiatan dilaksanakan secara daring dan luring (tatap muka) tersebut merupakan hasil kerjasama antara BPOM Tanah Bumbu, IAI, dan PAFI.

Adapun peserta sosialisasi terdiri dari Apoteker, Penanggung Jawab Apotek dan Tenaga Teknis Kefarmasian, dan Penanggungjawab Toko Obat di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru.

Sedangkan untuk narasumber pada kegiatan ini yaitu Kasi Kefarmasian Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Vonny Rosalina, Kepala Kantor BPOM Tanah Bumbu, Rahmat HIdayat, serta Tim Pemeriksaan BPOM Tanah Bumbu.

Sosialisasi terserbut dibuka Bupati Tanbu H.M. Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ikhsan Budiman.

Dalam sambutanya, Bupati menyambut baik dan sangat mengapresiasi dilaksanakanya sosialisasi tindaklanjut hasil pengawasan dan Corrective Action and Preventive Action (CAPA) untuk sarana kefarmasian.

Karena kegiatan ini, sambung Bupati, memiliki peran strategis dalam rangka meningkatkan pengawasan dan mutu sarana pelayanan ke farmasian di Tanah Bumbu.

Sosialisasi ini sangat penting bagi kita semua dalam menjamin adanya keamanan obat bagi masyarakat.

Kepada peserta sosialisasi, Bupati berpesan agar mengikuti sosialisasi dengan sungguh-sungguh agar nantinya dapat memahami secara utuh materi yang disampaikan dan juga dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Bumi Bersujud.

Terutama memberikan bukti nyata dukungan terhadap pelaku usaha baik dibidang obat, obat tradisional, maupun pangan.

Sementara itu, Kepala Kantor Balai POM Tanbu, Rahmat Hidayat mengatakan Balai POM bertugas melakukan pengawasan obat dan makanan yang beredar sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan.

Dengan pengawasan tersebut diharapkan tidak adanya penyimpangan jalur distribusi penyalahgunaan obat tersebut.

“Loka POM bersama pemerintah daerah, IAI dan PAFI merupakan garda terdepan untuk memastikan kualitas pelayanan termasuk produk obat di sarana pelayanan kefarmasian,” kata Rahmat.

Oleh sebab itu ia berharap hasil yang didapat dari kegiatan tersebut dapat diimplementasikan CAPA dan kerja sama antar lembaga/organisasi secara efektif di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru.

“Diharapkan pada pertemuan sosialisasi ini dapat mengupdate pengetahuan dan wawasan peserta sosialisasi agar peredaran obat-obatan sesuai dengan aturan yang berlaku,” lanjutnya.

Terkait obat dan makanan di Tanbu, Rahmat Hidayat mengapresiasi upaya Pemkab Tanbu yang sangat peduli dengan hal tersebut, hal itu ditandai dengan adanya MoU antara Pemkab Tanbu dengan Balai POM terhadap pengawasan obat dan makanan.

“Dalam berbagai kegiatan kami selalu berkoordinasi dan bekerjasama dalam hal pengawasan obat dan makanan, dan pembinaan UMKM di Bumi Bersujud,” ujarnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *