Wujudkan Keamanan Pangan Sekolah, Tenaga Pendidik Ikuti Bimtek dari Loka POM Tanbu

Wujudkan Keamanan Pangan Sekolah, Tenaga Pendidik Ikuti Bimtek dari Loka POM Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Loka POM (Pengawas Obat dan Makanan) di Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keamanan Pangan Untuk Kader Keamanan Pangan Sekolah, Rabu (15/9/2021).

Kegiatan yang digelar Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kecamatan Simpang Empat tersebut dibuka langsung oleh Kepala Loka POM di Tanah Bumbu Rahmat Hidayat, dengan turut melibatkan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Banjarmasin.

Adapun peserta bimtek terdiri dari SKPD di lingkup Pemkab Tanbu Tanbu dan perwakilan Kepala Sekolah/Guru/Komite Sekolah.

Kepala Loka POM di Tanah Bumbu, Rahmat Hidayat mengatakan bahwa Bimtek Keamanan Pangan digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman komunitas sekolah dalam mewujudkan kemandirian sekolah untuk melindungi diri dari Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang tidak aman dan tidak bermutu.

“Keamanan dan mutu produk pangan yang beredar dilingkungan sekolah ditentukan oleh kebijakan sekolah, tingkat pengetahuan, dan penyedia Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) yang ada disekitar lingkungan sekolah serta pengawasan dan pembinaan aktif OPD terkait,” jelasnya.

Menurut Rahmat, salah satu elemen penting dalam kemandirian sekolah adalah komunitas sekolah (kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, pedagang PJAS) yang berpartisipasi aktif dalam mewujudkan program keamanan pangan di sekolah termasuk mensosialisasikan secara aktif pesan keamanan pangan.

Komunitas sekolah inilah yang diharapkan yang menjadi penggerak dalam implementasi keamanan pangan disekolah sehingga mendorong kemandirian sekolah untuk melakukan pengawasan keamanan pangan dan penyebaran pesan keamanan pangan pada komunitas sekolah.

“Melakui Bimtek ini kami diharapkan komunitas sekolah dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap keamanan pangan termasuk kaitanya dengan prinsip-prinsip keamanan pangan yang dapat diterapkan sekolah,” harap Rahmat.

Adapun materi yang disampaikan melalui Bimtek tersebut yaitu kebijakan keamanan pangan jajanan anak usia sekolah, lima kunci keamanan pangan memilih pangan, lima kunci keamanan pangan mengolah pangan, dan tips keamanan pangan untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *