Memaknai Nilai Al-Qur’an dalam Peringatan Maulid Nabi

Memaknai Nilai Al-Qur’an dalam Peringatan Maulid Nabi

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur’an Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA BKPRMI) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab.Tanbu) menggelar kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, berlokasi di TKA-TPA Miftahul Jannah Batulicin, Minggu (17/10).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh jajaran DPD BKPRMI Tanbu, Penceramah/Guru yaitu oleh Ust. Ramadillah, Lurah Batulicin Said Ahmad, Sekretaris DPK sekaligus pengurus TKA/TPA Miftahul Jannah dan Kepala Unit Ustadzah Halijah beserta para tamu undangan.

H Abdul Muiz selaku Sekretaris Umum DPD BKPRMI Kab.Tanbu, menyampaikan terkait kegiatan hari ini dilaksanakan oleh TK Miftahul Jannah dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Nabi Muhammad SWA, dimana induk organisasi ialah dibawah naungan BKPRMI Tanah Bumbu.

“Jadi kami dari TK TPA pun ikut melaksanakan, baik itu di DPD BKPRMI maupun DPK BKPRMI, kita membina TK TPA, pada Kecamatan Batulicin terdapat 19 TK TPA aktif, nah salah satunya TK TPA Miftahul Jannah ini,” ungkapnya.

Ia menerangkan bahwa dalam menerapkan dan mengelola lembaga TK TPA melalui kurikulum yang dilakukan secara berjenjang. Kepengurusan BKPRMI dari DPW, DPD maupun DPK, pada lembaganya sendiri pun terdapat Lembaga Pengembangan TK TPA.

“Fokus kita sebenarnya, alumni atau lukusan dari TK TPA itu sesuai target kurikulum, namun karena keterbatasan waktu kita di TK TPA, sehingga menghasilkan 25%-45% saja yang bisa kita terapkan,dan Alhamdulillah berjalan dengan baik, murid kita dari tingkatan SD-SMP ada, jadi kita memanfaatkan waktu sore untuk pembinaan,” ujarnya.

Target dan sasaran dari tujuan TK TPA sendiri ialah memastikan santri-santrinya mampu membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu mereka juga harus hafal surah-surah pendek Al-Qur’an, sehingga itu membuat mereka siap untuk memiliki cukup bekal dalam menjalankan pondasi ajaran agama islam.

Kecamatan Batulicin di bawah kepengurusan BKPRMI Kab.Tanbu, memiliki murid berjumlah sekitar 1.560 santri, sedangkan jumlah murid se-Kabupaten Tanah Bumbu ada 16.468 santri dari update data terakhir, dengan pengajar ustazd dan ustadzah yang membina di TK-TPA yang tersebar di 7 Desa dan 2 kelurahan di Kecamatan Batulicin berjumlah sekitar 110 guru.

Husaini selaku orang tua yang anaknya ikut binaan TK-TPA Miftahul Jannah, mengungkapkan harapannya kedepan supaya anak-anaknya mampu menerima pembelajaran agama secara baik dan menjadi orang yang terakhlak mulia.

“Supaya anak saya bisa jadi orang yang mengerti ilmu agama, sebelum di titipkan untuk belajar disana, anak saya kurang bisa bacaan maupun hafalan doa-doa dan surah pendek Al-Qur’an, kemudian sekarang mereka ada perkembangan, semoga saja kedua putra saya yang sedang belajar itu bisa menjadi anak yang sholeh,” harapnya.

Sekretaris DPK sekaligus Pengurus TKA-TPA Miftahul Jannah yaitu Syahril mengatakan bahwa antusiasme anak-anak terlihat dari cara mereka mengikuti program yang diterapkan.

Kegiatan TPA pun diolah menjadi sarana belajar yang mengasyikkan untuk anak-anak agar mereka selalu bersemangat seperti adanya games dan senam maupun program pembelajaran lainnya sehingga bisa membuat minat mereka terus ada dan membuat orang tua menjadi termotivasi.

“Alhamdulillah, acara untuk hari ini berjalan dengan lancar, kita sudah berusaha sejak tadi malam persiapan secara maksimal, pelaksanaan kegiatan Peringatan Maulid Nabi ini tidak lepas dari nilai tentang bagaimana memperkenalkan kepada anak-anak sejak dini tentang Maulid Nabi, insyaallah regenerasi kedepannya merekalah yang akan memakmurkan masjid-masjid, pendidikan karakter agamis yang unggul ini kan sesuai dengan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” ucapnya. (*/Red).

Share this Post :

No comments yet.

Leave a Reply