Tingkatkan Kapasitas Kader, Workshop Pokjanal Posyandu Digelar

Tingkatkan Kapasitas Kader, Workshop Pokjanal Posyandu Digelar

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Pembinaan Pos Pembinaan dan Pelayanan Terpadu (Posyandu) mengikuti kegiatan workshop yang diadakan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) di Gedung PKK Kapet, Rabu (24/11/2021).

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu Hj. Wahyu Windarti yang diwakili Ketua IV dr. Deky Admatja dalam sambutannya menyampaikan bahwa kader Pokjanal haruslah dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat sehingga peran dan fungsi dari Posyandu dapat dimaksimalkan.

Posyandu sebagai salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) diharapkan dapat aktif dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Terlebih ini sebagai upaya kita dalam mencegah terjadinya penyakit yang cukup marak seperti stunting,” ucap Deky.

Akan tetapi menurutnya saat ini salah satu kendala pelaksanaan posyandu seperti masih banyaknya masyarakat Tanah Bumbu yang masih enggan untuk datang ke posyandu.

“Kita berharap pokjanal dapat memfasilitasi, mengajak serta meningkatkan kesadaran masyarakat untuk datang ke Posyandu sehingga fungsi dan peran dari Posyandu ini dalam pelayanan kesehatan masyarakat dapat tercapai dengan baik,” ucap Deky.

Oleh karena dirinya juga berharap melalui workshop ini pengembangan posyandu di Kabupaten Tanah Bumbu dapat semakin lebih baik dan mewujudkan Tanah Bumbu yang lebih sehat sesuai cita-cita Bupati Tanah Bumbu serta Ketua TP-PKK.

Adapun workshop ini dilaksanakan selama empat hari dari 24-27 November 2021 dengan pemberian materi dari lintas sektor agar terlaksananya upaya berkelanjutan yang mendukung program Pokjanal Posyandu.

Kegiatan ini turut melibatkan sejumlah instansi terkait lain seperti TP-PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Kesehatan, serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *