Efektivitas Birokrasi, Workshop Penyusunan Proses Bisnis Digelar

Efektivitas Birokrasi, Workshop Penyusunan Proses Bisnis Digelar

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah (Setda) Workshop Penyusunan Proses Bisnis di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Senin (13/12/2021).

Kegiatan yang ditujukan untuk OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu ini berlangsung selama dua hari dengan dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahliansyah, S. Sos.

Kabag Organisasi Sekretariat Daerah, Syaikol Ansari selaku panitia penyelenggara menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Kemenpan – RB Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Penyusunan Peta Proses Bisnis Instansi Pemerintah.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk guna meningkatkan efektivitas Reformasi Birokrasi terhadap RPJMD yang telah ditetapkan oleh Perda No. 9 Tahun 2021.

“Sehingga apa yang telah diharapkan pada RPJMD Tahun 2021-2026 dapat lebih efektif dan efisien dengan adanya penyusunan peta proses bisnis,” ujarnya.

Selain itu dirinya juga berharap workshop tersebut dapat meningkatkan peran peserta terhadap tata cara tugas dan tupoksi yang diemban dengan saling berkaitan yang berdampak penguatan terhadap RPJMD.

“Satu SKPD atau beberapa SKPD saling berkaitan sehingga tujuan yang ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2021-2026 sebagai acuan kita dapat tercapai,” harapnya.

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dahliansyah dalam sambutannya menyebutkan bahwa proses bisnis adalah sekumpulan aktivitas kerja struktural dan saling terkait yang menghasilkan suara sesuai dengan kebutuhan dan sumber daya yang tersedia.

“Diperlukan penyusunan proses bisnis dalam rangka memudahkan pencapaian visi dan misi dan tujuan pembangunan daerah Kabupaten Tanah Bumbu,” jelas Dahliansyah.

Bupati berharap agar nantinya Pemerintahan Daerah dapat melaksanakan tugasnya secara efektif dan efisien dan mudah mengkomunikasikan visi dan misi program dan kegiatan kepada pihak eksternal.

“Jangan sampai ini diabaikan, ikuti dan pahami kegiatan ini dengan baik, karena ini akan berimplikasi terhadap SKPD bapak ibu semua,” pungkasnya. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *