Disbudpopar Seleksi Calon Paskibra Tanbu

Disbudpopar Seleksi Calon Paskibra Tanbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) belum lama ini menggelar Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Tingkat Kabupaten dan Provinsi Tahun 2022.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Tahun 2022 ini diadakan di Kompi Senapan B Kecamatan Simpang Empat, Kamis (17/03/2022).

Kepala Disbudporpar Tanah Bumbu Hamaludin Tahir melalui Sukandar selaku Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga (Pora) yang juga menyatakan, Seleksi Calon Paskibraka Kabupaten Tanah Bumbu dan Provinsi Kalsel telah melibatkan peserta yang diambil dari seluruh SLTA sederajat.

Dirinya menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya kegiatan ini ialah sebagai pembentukan karakter anak-anak bangsa sebagaimana nantinya peserta yang terpilih menjadi Pengibar Bendara Merah Putih ini, secara otomatis juga akan menjadi Duta Ideologi Pancasila.

Diketahui kurang lebih ada sekitar 37 sekolah diundang untuk mengirimkan masing-masing 2 pasang peserta untuk mengikuti seleksi ini, dengan catatan jika ada sekolah dengan jumlah siswa 600-800, maka bisa mengirimkan 4 sampai 5 pasang peserta.

“Target kami, ada 200 siswa kelas X (sepuluh) sesuai peraturan, dengan seleksi ini diharapkan bisa terbentuk anak-anak bangsa yang berkarakter dan berjiwa Pancasila. Kita tumbuh kembangkan anak-anak kita di jaman milenial ini untuk mengetahui pentingnya keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) melalui Ideologi Pancasila,” ucapnya.

Sementara itu, Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Kabupaten dan Provinsi Tahun 2022 di pegang oleh Tim Pelatih dari Kodim 1022 Tanbu, Polres Tanbu. Sebagai pengaman ada dari Tim Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, juga melibatkan langsung Purna Paskibraka Indonesia (PPI).

Terhalang situasi Pandemi Covid-19 selama 2 tahun tidak menyurutkan semangat Disbudporpar dan anak-anak daerah untuk tetap menempuh jalur berprestasi. Dengan protokol kesehatan yang ketat demi menghindari adanya klaster baru, oleh karenanya pada tahun ini diharapkan Pandemi Covid-19 sudah menurun, sehingga Seleksi Calon Paskibraka bisa dilaksanakan dengan lancar.

“Kita bercermin pada tahun 2019 kemarin, kita sempet terpilih secara nasional, tahun ini kita berharap dari 6 pasang nantinya, bisa terpilih ke tingkat nasional. Dengan pola tahun ini tim dari provinsi datang menyeleksi ke kabupaten. Seleksi diantaranya ada Wawasan Kebangsaan dan Kepaskibrakaan,” jelasnya.

Kemudian, kegiatan seleksi ini dipilih 37 Calon Paskibraka yang terdiri 20 anak laki-laki dan 17 anak perempuan, yang dipilih menjadi 6 pasang/12 orang untuk mewakili seleksi di provinsi sekaligus seleksi di nasional.

“Mudah-mudahan dari 37 peserta ini, benar-benar bisa terlaksana kegiatan Pengibaran Bendera Pusaka di tanggal 17 Agustus 2022, dengan harapan pandemi ini landai dan kegiatan Paskibraka bisa berjalan lancar,” tutupnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *