Dispersip Tanbu Dorong Minat Baca Anak Muda Melalui Lomba Baca Puisi

Dispersip Tanbu Dorong Minat Baca Anak Muda Melalui Lomba Baca Puisi

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu (Dispersip Kab Tanbu) menggelar Final Lomba Baca Puisi Se-Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu, Muhammad Yusri di Aula Kantor Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Rabu (23/3/2022).

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dispersip Tanah Bumbu, Muhammad Yusri mengatakan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong dan meningkatkan kembali minat baca generasi muda dan seluruh unsur lapisan masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

Di samping itu, kegiatan Lomba Baca Puisi Se-Kabupaten Tanah Bumbu juga merupakan bentuk kontribusi Dispersip dalam ikut serta menyambut hari jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke-19 tahun.

“Sasaran peserta lomba baca puisi ini terbagi menjadi dua kelompok, yakni kategori pelajar setara dengan pelajar tingkat SMP dan kategori umum untuk peserta yang berusia 16 sampai 25 tahun,” katanya.

Pelaksanaan Lomba Baca Puisi untuk pelajar dan umum ini mendapat tanggapan dari salah satu peserta lomba yang memiliki motivasi untuk menjadikan lomba tersebut sebagai wadah dalam mengembangkan potensi diri.

Salah satu peserta lomba Baca Puisi dari kalangan Umum, Mutia Ulvah mengatakan, tidak memiliki pelatih khusus dalam persiapan menuju lomba ini, ia belajar secara mandiri melalui media sosial.

“Saya belajar otodidak dari media You Tube dengan mempelajari seniman puisi yang hebat,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada 2021 yang lalu ia juga mengikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan Dispersip. Saat itu, ia meraih juara 2, namun ia tetap berkesempatan kembali mengikuti lomba tahun ini karena salah satu persyaratannya hanya juara 1 tahun lalu yang tidak dapat kembali mengikuti lomba.

Hingga saat ini ia telah menciptakan dua buah puisi melalui lomba online tingkat Nasional yang berhasil dibukukan. Ia berharap kedepannya dapat menjadi penulis puisi yang mampu menciptakan buku puisi yang semua isinya merupakan karya sendiri serta mampu mengajak pemuda-pemudi dalam meningkatkan minat baca.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan Final Lomba Baca Puisi, merupakan 12 peserta terbaik pilihan dewan juri yang lolos dalam tahap awal seleksi melalui video rekaman yang diunggah di media sosial Instagram.

Jumlah 12 peserta yang dimaksud tersebut terdiri dari 6 peserta terbaik dari kategori pelajar dan 6 peserta terbaik dari kategori umum.

Peserta mendapatkan kesempatan untuk menampilkan hasil puisinya di depan para dewan juri secara langsung di Aula Dispersip Tanah Bumbu.

Harapannya dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat memunculkan generasi muda Kabupaten Tanah Bumbu yang hebat, cerdas dan gemar membaca. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *