Mappanre Ri Tasi E, Sarana Ungkapan Rasa Syukur Atas Nikmat Allah

Mappanre Ri Tasi E, Sarana Ungkapan Rasa Syukur Atas Nikmat Allah

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka secara resmi pesta adat budaya Mappanre Ri Tasi E di alun-alun Pantai Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (12/04/2022) sore.

Kegiatan yang telah masuk ke dalam kalender tahunan peringatan budaya maritim nusantara secara nasional yang dilaksanakan setiap bulan April ini menjadi yang pertama setelah dalam dua tahun terakhir tidak digelar karena merebaknya pandemi Covid-19.

Mengingat bertepatan dengan bulan Ramadan, pembukaan pesta adat ini dilaksanakan dengan nuansa islami yang ditandai dengan memanjatkan Dzikir dan Doa, Buka Puasa Bersama yang dilanjutkan dengan Salat Magrib berjamaah.

Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Adat Ogi (Bugis) Pagatan Kabupaten Tanbu, Fawahisah Mahabbatan, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan budaya yang diturunkan secara turun-temurun dari sebelum Indonesia merdeka hingga sekarang yang lebih dikenal dengan nama Pesta Pantai.

“Mappanre Ri Tasi E ini dilaksanakan sebagai bentuk dan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan Yang Maha Kuasa atas limpahan rezeki melalui pantai Pagatan yang menjadi sumber utama penghidupan masyarakat Bugis Pagatan dengan profesi nelayan,” ungkapnya.

Selain itu pada pelaksanaan di tahun ini, kegiatan ini turut melibatkan seluruh lapisan masyarakat Pagatan terkhusus mereka yang berdomisili di sekitar lokasi penyelenggaraan event budaya ini mulai dari para pedagang, panitia pelaksana, panita lomba dan lain sebagainya.

“Yang diharapkan dengan keterlibatan mereka semua bisa menjadi solusi atas situasi sulit yang terjadi saat ini di mana harga harga bahan pokok sedang naik dan juga sebagai bentuk dukungan kita dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas anggota DPRD Tanbu itu.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya menyampaikan kegiatan yang diadakan ini merupakan sarana dan wadah dalam mensyukuri nikmat Allah SWT di bulan suci yang penuh berkah.

Dirinya mengenang kejayaan Kalimantan Selatan termasuk Kabupaten Tanah Bumbu yang pernah ditopang oleh sebuah kehidupan ekonomi yang luar biasa yang menurutnya kita tidak akan pernah mungkin terjadi tanpa pertolongan dari Allah swt.

“Itu sebabnya hari ini kita hadir untuk bersama-sama, lebih-lebih di bulan Ramadan kita bersama-sama memohon berdoa kepada Allah agar para nelayan kita kemudian semakin berhasil sukses dalam melaksanakan tugas dan pencahariannya dilakukan untuk mendapatkan berkah dan rezeki yang melimpah dari Allah swt.,” harapnya.

Adapun kegiatan pembukaan Mappanre Ri Tasi E turut dihadiri pimpinan Forkopimda, jajaran anggota Lembaga Ade Ogi Tanah Bumbu, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, anggota DPRD, Tokoh Agama, serta tokoh masyarakat dan tamu undangan. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *