Jelang Lebaran, Satgas Pangan Tanbu Pantau Bahan Pokok

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Tanbu Pantau Bahan Pokok

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Satgas Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pengecekan serta pemantauan terhadap persediaan dan harga bahan pokok di swalayan dan toko retail di wilayah Kabupaten Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (28/04/2022).

Kegiatan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, H. Ambo Sakka ini turut melibatkan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2), Dinas Kesehatan, BPOM, TNI-Polri, dan instansi terkait lainnya.

“Dari beberapa toko yang kami pantau Alhamdulillah barang-barang yang dipajang masih bagus, expired-nya juga masih lama dan masih sangat layak untuk dikonsumsi untuk masyarakat,” ucap Sekda dalam kesempatannya.

Kemudian terkait ketersediaan bahan-bahan pokok terkhusus minyak goreng, dinilai masih mencukupi meskipun terjadi sedikit kenaikan harga yang masih tergolong wajar.

Kepala DKUMP2, H. Deny Harianto, mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini, Pemerintah Daerah hendak memastikan bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri masyarakat dapat memperoleh kebutuhan pokoknya secara mudah dan aman.

Dirinya menyebutkan sejumlah kriteria bahan pangan yang akan ditindak dengan cara disita oleh Satgas Pangan seperti makanan atau minuman yang telah melewati tanggal kadaluarsa (expired) serta barang dengan kemasan yang rusak atau sudah tidak layak.

Dengan tidak ditemukannya bahan-bahan pokok yang berbahaya dan kedaluarsa, maka dapat dilihat kepatuhan yang baik dari para penjual. Mengingat imbauan ini juga telah disampaikan oleh Pemerintah Daerah saat jauh-jauh hari sebelum menjelang Ramadan kepada pimpinan perusahaan atau pemiliki toko retail terkait.

“Seperti yang Pak Sekda katakan kita ingin menjamin keamanan, kenyamanan masyarakat untuk memastikan mereka mendapatkan barang barang pokok yang tidak berbahaya,” lanjutnya.

Meskipun masih tidak ditemukan bahan pangan yang tidak layak, Kepala BPOM Tanbu Rahmat Hidayat turut memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap selektif, berhati-hati dan cermat dalam memilih produk pangan yang aman sehingga produk yang digunakan dapat terjamin kualitas dan keamanannya.

“Dengan melalui Cek KLIK yakni Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa sebelum membeli ataupun mengkonsumsi produk obat dan makanan, semoga dengan ini kita dapat terus sehat terhindar dari produk-produk yang dapat membahayakan,” pungkas Rahmat. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *