Meriahkan Malam Idul Fitri, Pemkab Tanbu Kembali Hidupkan Festival Tanglong

Meriahkan Malam Idul Fitri, Pemkab Tanbu Kembali Hidupkan Festival Tanglong

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Festival Tanglong di Kabupaten Tanah Bumbu yang sempat vakum dalam dua tahun terakhir kini kembali dihidupkan dalam rangka menyambut malam penuh kemenangan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kegiatan ini ditandai dengan parade iring-iringan mobil yang telah dihias seraya mengumandangkan takbir yang dilepas langsung oleh Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar di lapangan depan Masjid Agung Al-Falah, Desa Gunung Antasari, Kec. Simpang Empat, Minggu (01/04/2022) malam.

Kepala Bagian Kesejahteraan Setda Tanah Bumbu sekaligus Ketua Pelaksana, H. Akhmad Rozain saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa Festival Tanglong di Kabupaten Tanah Bumbu di tahun ini dilaksanakan di dua tempat, yakni di Kecamatan Simpang Empat dan Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam pelaksanaannya, festival di Simpang Empat dikemas menjadi dua kategori yakni kategori Umum dan kategori SKPD, sementara di Pagatan dikhususkan untuk kategori Umum.

Adapun empat poin yang menjadi fokus penilaian oleh para juri dalam festival ini yakni tema, tanglong, takbir, serta ketertiban dan kekompakan peserta dengan total hadiah yang akan diberikan sebesar 198 juta rupiah.

“Untuk jumlah peserta untuk kategori umum ada 13, kemudian untuk kategori SKPD ada 37 jadi totalnya ada 50. Festival Tanglong ini juga dibantu dengan pengamanan sebanyak 140 personil gabungan TNI-Polri dan Dishub,” jelas Rozain.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah dalam kesempatannya menyampaikan ungkapan rasa syukur atas kembali diselenggarakanya Festival Tanglong di Tanah Bumbu.

“Hari hari ini karena kita berada di level satu, alhamdulillah ada izin dari pusat untuk boleh melaksanakan berbagai kegiatan termasuk Festival Tanglong yang sudah lama tidak kita laksanakan ini,” ujarnya.

Menurut Zairullah, kegiatan ini selain menjadi sebuah ungkapan rasa syukur yang sangat luar biasa sekaligus memberikan motivasi kepada masyarakat untuk terus bersama-sama berikhtiar dan mendoakan agar Ramadhan di tahun ini memberikan keberkahan dan nilai yang spesial bagi warga Bumi Bersujud.

Bupati juga berharap setelah bulan Ramadhan, dirinya bertekad untuk terus melanjutkan perjuangan dalam membangun Tanah Bumbu yang dicintai masyarakatnya.

“Inilah simbol dari Tanah Bumbu dengan landasan Bersujud Menuju Serambi Madinah. Mudah-mudahan lancar dan berkah semuanya,” tutup Zairullah.

Selain Bupati, turut berhadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka, Polres Tanah Bumbu, Kodim 1022/Tanah Bumbu, Forkopimda, Kepala SKPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *