Peningkatan Pelayanan Posyandu, Dinkes Tanbu Gandeng Mitra Penggerak

Peningkatan Pelayanan Posyandu, Dinkes Tanbu Gandeng Mitra Penggerak

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dalam rangka Peningkatan Dukungan Mitra Penggerak Masyarakat dan Pelaksanaan Posyandu, Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pertemuan koordinasi dan sosialisasi.

Kegiatan yang berlokasi di Gedung Sekretariat TP PKK, Kamis (8/9/2022), berlangsung atas kerjasama, promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu, Tim Posyandu Pokjanal Kabupaten, lintas sektor dan lintas program terkait.

Retno Tri Rahmawati, selaku Pejabat Penyuluh Kesehatan Masyarakat, menjelaskan jika pertemuan ini diselenggarakan sebagai, salah satu upaya dalam peningkatan pembinaan dan capaian posyandu aktif serta peningkatan strata membangun posyandu.

Penguatan posyandu dilakukan untuk menjalin jejaring kemitraan serta memantapkan koordinasi lintas program dan lintas sektor, dalam mensukseskan pelaksanaan posyandu terintegrasi, sebagai upaya mengatasi permasalahan kesehatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, secara berjenjang dari tingkat kabupaten hingga ke tingkat desa.

Kegiatan dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu, Abah HM Zairullah Azhar, yang diwakili Kepala Bidang Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, Zainal Husni, menyampaikan posyandu dinilai kondisi sudah cukup baik dalam perjalannya selama ini, namun masih perlu peningkatan, sesuai tema penguatan lintas sektor dan lintas program posyandu (penguatan sistem posyandu) terintegrasi.

Dalam memperoleh pelayanan kesehatan, terutama untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi, oleh karenanya koordinasi dan sosialisasi ini, penting dilakukan dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia, agar dapat mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya stunting.

“Kedepan nanti kita diharapkan lebih banyak berkontribusi, koordinasi dan partisipasi, sehingga posyandu menjadi kebutuhan kita semua,” ujar Zainal.

Narasumber kegiatan, Abdul Basith selaku Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Prov Kalsel, memberi pemaparan tentang posyandu sebagai wadah masyarakat, pentingnya penguatan posyandu, pemberdayaan dari masyarakat maupun pembinaannya, melalui kelompok kerja (pokjanal) dari provinsi hingga kecamatan.

“Kita menggerakkan masyarakat dalam posyandu, demi meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak,” pungkasnya. (Fer/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *