Kebakaran Hutan Hanguskan Pohon Jati Seluas 4,1 Ha

Kebakaran Hutan Hanguskan Pohon Jati Seluas 4,1 Ha

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Pihak Perhutani giat melakukan sosialisasi dampak dan penanganan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan) pada warga masyarakat.

Terutama bagi warga yang tinggal di dekat hutan, masih ada oknum yang tidak bertanggungjawab yang diduga sengaja membakar lahan di dekat kawasan hutan.

Akibatnya, tentu saja bisa ikut merembet ke dalam hutan dan menghanguskan tanaman produktif di dalamnya.

Seperti yang terjadi pada hari Sabtu (10/9/2022) sekitar pukul 12.15 WIB, di lahan Petak 90E, tanaman Jati JPP 2010 seluas 4,1 hektar, kategori KU II, RPH Tirip, BKPH Berbek, KPH Nganjuk, masuk Dusun Tirip, Desa Sumber urip Kecamatan Berbek.

Kejadian tersebut diketahui oleh Tim Patroli Polhut dan Antisipasi Karhutla, yang curiga karena adanya asap mengepul dan suara gemeretak daun kering yang terbakar.

“Saat didekati, ternyata benar di lokasi ada kebakaran lahan yang membakar rumput, semak serta merembet ke area hutan jati. Segera kami menghubungi pihak Damkar dan instansi terkait untuk membantu pemadaman agar tidak makin meluas,” ungkap Komari(45) Polter Polhut RPH Tirip mendampingi Kanit Damkar Kabupaten Nganjuk Sujito dan Kasie Humas Polres Nganjuk Iptu Supriyanto saat memberi penjelasan pada awak media.

“Adapun lokasi kebakaran hutan berada pada koordinat (7″38’34.15″S; 111″50’27.89″E) pada lahan seluas 4,1 Ha dengan nilai kerugian materi sebesar +/- Rp.45 juta,” imbuhnya. (Gung/red2).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *