Festival Layang-Layang Internasional, 12 Negara Meriahkan Langit Tanah Bumbu

Festival Layang-Layang Internasional, 12 Negara Meriahkan Langit Tanah Bumbu

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) HM Zairullah Azhar yang diwakili Kadisbudporpar (Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata) H. Syamsuddin membuka Tanah Bumbu International Kite Festival Tahun 2024, Rabu (21/08/2024) di Pantai Pagatan Kec. Kusan Hilir.

Ketua Perkumpulan Persatuan Layang-Layang Seluruh Indonesia (Pelangi) Sari Madjid, dalam kesempatannya menyampaikan bahwa negara Indonesia terbentuk dari berbagai perbedaan yang melampaui batas geografis dan kebudayaan.

Festival layang-layang di Tanah Bumbu ini adalah salah satu konsep dalam memperlihatkan ekspresi kebudayaan Indonesia yang beraneka ragam.

Oleh sebab itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Tanbu yang sudah mendukung dan membuat festival ini dengan tujuan agar tetap mengangkat tradisi permainan layang-layang agar tetap hidup.

“Semoga festival ini tahun depan bisa lebih baik lagi dan lebih besar lagi, dan lebih banyak negara yang hadir,” harapnya.

Sementara tiu Kepala Disbudporpar Tanbu H. Syamsuddin, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh penggiat layang-layang dari 12 negara diantaranya Indonesia, Jepang, Thailand, Perancis, Belgia, Swedia, Malaysia, Amerika, China, India, Singapura, dan Polandia.

Menurutnya, event seperti ini adalah wujud melestarikan layang-layang sebagai salah satu permainan tradisional khas Indonesia yang juga digemari di Tanah Bumbu.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak termasuk kepada penggiat layang-layang internasional yang berkenan hadir meramaikan event ini.

“Kami berharap agar event ini bisa lebih meriah sekaligus berkontribusi dalam mengharumkan destinasi wisata di Tanah Bumbu ke khalayak yang lebih luas hingga ke luar negeri,” kata H. Syamsuddin.

Selain mengikuti festival layang-layang, peserta festival layang-layang nantinya juga diajak untuk berkeliling ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Tanah Bumbu.

Turut berhadir dalam kegiatan pembukaan ini Kepala Disdukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi, Camat Kusan Hilir Amirullah, Ketua MUI Tanbu KH Suhuful Amri, Forkopimda, dan tamu undangan. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top