Optimalisasi Perkebunan Sawit Rakyat, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Tim Pendataan

Optimalisasi Perkebunan Sawit Rakyat, Pemkab Tanbu Gelar Bimtek Tim Pendataan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar sosialisasi dan bimtek peningkatan kapasitas Tim Pendataan Sawit Rakyat. Bertempat di Ruang Rapat Bersujud, Kantor Bupati Tanah Bumbu di Gunung Tinggi, Rabu (4/9/2024).

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Eryanto Rais membuka secara resmi sosialisasi sosialisasi dan bimtek peningkatan kapasitas Tim Pendataan Sawit Rakyat tersebut.

Bupati dalam sambutannya di sampaikan Eryanto Rais mengatakan perkebunan merupakan salah satu sub sektor dari kegiatan pertanian yang mempunyai peran strategis dalam pembangunan nasional.

Penyelenggaraan perkebunan memiliki beberapa tujuan, yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan devisa negara. Menyediakan lapangan kerja dan kesempatan usaha, serta menjaga fungsi lingkungan hidup berkelanjutan.

Meski itu lanjutnya, kurang akuratnya data, menyebabkan berbagai instrumen kebijakan terkait pengembangan perkebunan sawit rakyat menjadi tidak tepat sasaran.

Seperti program sarana dan prasarana perkebunan sawit rakyat, program peremajaan sawit rakyat (PSR), program bantuan bibit dan pupuk, ataupun program lainnya seperti penyelesaian sawit rakyat dalam kawasan hutan.

“Hal ini tentu menjadi masalah yang terus membelenggu pengembangan perkebunan sawit rakyat. Untuk itu, saya berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif. Sehingga perkebunan kelapa sawit rakyat di Kabupaten Tanah Bumbu terdata dengan baik,” pungkasnya. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top