Antisipasi Siaga Bencana, BPBD Tanbu Jalin Kemitraan Bentuk Destana

Antisipasi Siaga Bencana, BPBD Tanbu Jalin Kemitraan Bentuk Destana

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) bersama PT Arutmin Site Batulicin menjalin kemitraan untuk membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di wilayah lingkar tambang Batulicin.

Langkah ini dimulai dengan pelatihan tanggap bencana yang dilaksanakan pada Selasa (10/9/2024) di Gedung Olahraga Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat.

Kegiatan pelatihan tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Karang Taruna, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), aparat desa, serta masyarakat sekitar.

Narasumber dari BPBD dan Pos Unit SAR Batulicin memberikan pemaparan mengenai pentingnya kesiapsiagaan dan langkah-langkah penyelamatan saat bencana terjadi.

Kepala Desa Sungai Dua, H. Ibnu Salam, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para narasumber yang telah meluangkan waktu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat dapat menyerap ilmu yang diberikan sehingga dapat diterapkan ketika bencana terjadi,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD H. Sulhadi melalui Kepala Sub Pencegahan BPBD Tanbu, M. Ahsani Fauzan, menekankan pentingnya persiapan menghadapi bencana.

“Bencana bisa terjadi kapan saja tanpa terduga. Oleh karena itu, pengalaman dan pengetahuan kebencanaan sangat diperlukan agar masyarakat siap siaga dan dapat mengurangi dampak bencana,” ujar Fauzan.

Sementara itu, CD Officer PT Arutmin Indonesia Site Batulicin, Abdul Razak, berharap masyarakat dapat berkomitmen untuk terus mengikuti program Destana ini.

“Dengan ilmu yang diperoleh, masyarakat diharapkan mampu merespons dengan cepat saat bencana terjadi, sehingga dapat meminimalisir korban jiwa dan kerugian harta benda,” ungkap Razak.

Selain teori mengenai konsep Desa Tangguh Bencana, peserta pelatihan juga mendapatkan materi dari Pos Unit SAR Batulicin terkait upaya penyelamatan korban bencana, termasuk praktik pertolongan pertama. (Fer/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top