Letusan Senjata Tandai Berakhir nya Mampanretasi

Acara selamatan di atas Laut tanda berakhirnya Mampanretasi 2018


Tanah bumbu- Puncak  perayaan Mapanretasi 2018 kembali di gelar di kawasan pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Minggu (29/04).

Sebuah kegiatan Budaya maritim masyakarat suku Bugis Pagatan itu turut dimeriahkan warga sertempat.
Hal itu ditandai dengan iring iringan puluhan kapal nelayan dikala rombongan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming dan rombongan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor beserta tokoh adat menuju titik lokasi  dilaksanakannya syukuran laut tersebut.
Prosesi yang berlangsung dalam kapal itu dimulai dengan sambutan tokoh adat kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil tangkapan para nelayan.
Kemudian acara itu dilakukan bunyi letusan senjata di tengah laut sebagai tanda berakhirnya acara syukuran dan dan doa selamat, kemudian  dilanjutkan dengan makan di atas laut.
Kata sambutan Bupati sebelum acara dimulai, bahwa letusan senjata ini mengingat pada jaman dahulu. Dimana para pendahulu disini juga menggunakan cara seperti itu.
“Mereka melakukan prosesi ke laut, setelah selesai doa selamat tembakan diletuskan, sehingga masyarakat nelayan yang ada di darat akan mendengar dan mereka langsung menghidangkan makanan kepada keluarga nya yang datang,”jelasnya.
Lebih lanjut dikatakan,” pada tradisi tahun dulu masyarakat disini kerap memberi makan tamu manapaun disaat puncak pesta laut ini. 
“Namun jaman telah berubah, justru seiring pertumbuhan penduduk dan kemajuan tekhnologi pesta ini menjadi tambahan ekonomi masyarakat dengan menyewakan rumahnya bagi wisatawan dari luar,” pungkasnya. (Rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *