Tanbu Luncurkan E-Smart Guna Wujudkan Pelayanan Publik Efektif Dan Efesien 

Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah Kab. Tanbu

Tanah bumbu – Dalam rangka mempermudah pelayanan publik khususnya dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan maka Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) meluncurkan Elektronik Smart (E-SMART). E-SMART ini pertama kali  diluncurkan, Senin (16/7) di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

E-SMART ini merupakan bagian dari proyek perubahan dalam rangka Diklat PIM Tingkat III Program Pelaksanaan Teknis di Bidang Pembendaharaan dan Kas Daerah pada BPKAD Tanah Bumbu yang dibuat oleh Kepala Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah, Yovi Satria Rahmatullah, SH,MM.
Saat peluncuran  tersebut, Yovi Satria Rahmatullah mengatakan E-Smart adalah sistem informasi monitoring Surat Perintah Membayar (SPM) dan Surat Perintah Pencairan Dana  (SP2D) Online dari BPKAD Tanah Bumbu yang tujuannya untuk menciptakan alur proses transaksi keuangan yang cepat, efektif, efesien, transparan, dan akuntabel. 
Menurutnya, E-SMART yang dibuat ini merupakan bagian dari proyek perubahan pengembangan sistem informasi elektronik pengelolaan keuangan. Secara teknisnya E-Smart ini dapat menginformasikan data keuangan dan penyerapan anggaran secara online sebagai bahan dalam rangka monitoring dan evaluasi.
“E-SMART ini dibuat untuk menginformasikan dokumen yang akan diproses menjadi SP2D,” sebut Yovi.
Adapun manfaat dari E-SMART, menurutnya, dapat memotong alur birokrasi dan juga  menghindari sisi negatif dari pelayanan publik. Dalam hal ini mengindari adanya pungli. Selain itu, dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan SKPD Pemkab Tanbu maupun masyarakat dalam mengurus berbagai administrasi pengelolaan keuangan daerah.  
“SKPD maupun masyarakat tidak perlu lagi datang kekantor untuk menanyakan keberadaan dokumennya. Tetapi cukup dengan membuka E-Smart saja sudah bisa mengetahui SP2D yang terbit,” ujarnya.
Sementara itu, pada saat peluncuran  E-Smart,  Plt Bupati Tanbu  Sudian Noor melalui Sekda Rooswandi Salem mengatakan pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan dibuatnya  E-Smart yang diharapkan dapat mendukung penuh Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah,Khususnya terkait pencairan SP2D dengan mudah, cepat dan aman. (Rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *