Dinas Sosial Tanah Bumbu Sarankan ODGJ Dirujuk Ke RSJ

Dinas Sosial Tanah Bumbu Sarankan ODGJ Dirujuk ke RSJ

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Terkait dengan banyaknya laporan masyarakat yang diterima tentang keberadaan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu menyarankan agar segera dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ).

Bukan tanpa alasan, ODGJ jika tidak dirantai ditakutkan mengamuk dan melukai orang sekitarnya. Pasalnya hal seperti ini pernah terjadi di salah satu desa di Tanah Bumbu.

Menanggapi laporan masyarakat itu, Dinsos Tanbu turun kelapangan dengan mendatangi langsung ODGJ.

“Hasilnya kami menemukan ODGJ terlantar dan ODGJ yang dirantai oleh pihak keluarganya karena ditakutkan kambuh dan menyerang warga sekitar,” kata Kepala Dinas Sosial Tanbu, Basuni, melalui Kabid Rehabilitasi Sosial, H. Rahman, Kamis (17/01).

Langkah selanjutnya, sebut H. Rahman, ODGJ tersebut disarankan untuk dibawa ke RS Sambang Lihum. “Untuk sementara proses pengiriman ODGJ ke RS menunggu keputusan dari pihak keluarga dan warga sekitarnya,” ucapnya.

Menurut H Rahman, pihak Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan sudah banyak memberikan saran, motivasi kepada aparat pemerintah setempat, keluarga, dan warga sekitar agar ODGJ dibawa dan dirawat di Rumah Sakit. (rel/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *