Cegah Pemudik, Polantas Lakukan Penyekatan Perbatasan

Cegah Pemudik, Polantas Lakukan Penyekatan Perbatasan

Obsesirakyat.com, Nganjuk – Personil Polisi Lalu Lintas Polres Nganjuk giat melakukan beberapa langkah untuk mencegah atau menghalau kendaraan yang bertujuan untuk mudik atau pulang kampung ke Nganjuk. Kegiatan itu dilakukan semenjak dimulainya Operasi Ketupat Semeru 2020 pada, Sabtu(25/4).

Kegiatan itu dilakukan semenjak dimulainya pemberlakuan larangan mudik untuk memutus rantai persebaran virus Covid-19 yang telah disampaikan oleh Presiden RI H. Joko Widodo minggu lalu. Penyekatan perbatasan atau “pintu masuk” ke arah Nganjuk diantaranya di Mintil (Desa. Awar-awar Kecamatan Wilangan), Mengkreng (Kecamatan Kertosono), Kecamatan Jatikalen, pintu exit tol Begadung dan Desa Joho (Kecamatan Pace) yang dilakukan oleh Satuan Polisi Lalu Lintas yang bekerjasama dengan anggota TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan relawan.

KBO Satlantas Polres Nganjuk Iptu Ronny Yunimantara mengatakan, “Jika penyekatan di sepanjang pintu masuk perbatasan kota Nganjuk ini dilakukan untuk mencegah masuknya kendaraan yang dipakai para pemudik. Sesuai perintah Presiden RI agar tidak mudik, maka kita lakukan tindakan penyekatan yang berupa pemeriksaan pengemudi (suhu tubuh dengan thermogun), kelengkapan Surat kendaraan, tujuan, barang bawaan, penumpang, kondisi kendaraan, dsb. Jika terbukti memang bertujuan untuk pulang kampung atau mudik, langsung kita minta untuk putar balik,” ungkap Ronny.

Meskipun sudah dilarang mudik dan pasti disuruh putar balik, faktanya jumlah kendaraan roda 4 yang mengangkut pemudik pun tetap banyak. Hingga hari Selasa(28/4) pukul 23.15 WIB, tercatat sudah ada lebih dari 340 mobil jenis SUV yang membawa pemudik yang harus putar balik. Belum lagi yang berusaha mengelabuhi petugas dengan naik pickup,truk atau boncengan sepeda motor.

“Kami ikut rasakan bagaimana kecewa dan marahnya Anda karena gagal mudik. Namun demi kepentingan dan kesehatan bersama, mari kita patuhi larangan mudik dari pemerintah pada tahun ini. Kami yang bertugas pun harus rela menahan rasa rindu dengan keluarga dan kerabat demi melaksanakan tugas dan kewajiban,” imbuh Kanit Regident Satlantas Polres Nganjuk Iptu Aris Winarko saat mendampingi Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto, SH, SIK, MH ketika meninjau kesiapan pembangunan Pos Check Point Operasi Ketupat Semeru 2020 yang sekaligus sebagai Pos Pantau dan Penyekatan Arus Mudik. (Gung/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top