Lima Lembaga Survei Kunci Kemenangan ZR diangka 57%

Lima Lembaga Survei Kunci Kemenangan ZR diangka 57%

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Tiga lembaga survei independen nasional yang terdaftar di KPU ramai-ramai merilis hasil kemenangan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Tanah Bumbu periode 2021-2024 nomor urut 3, Zairullah Azhar dan Muhammad Rusli (ZR) diangka 57 persen, pada closing update Rabu, (9/12)) malam, pukul 23.30 WITA.

Jaringan Suara Indonesia (JSI) menempatkan Zairullah-Rusli sebagai peraih suara terbanyak dengan angka 57,89% dalam perhitungan cepat (Quick Count) pilkada serentak 2020 di kabupaten Tanah Bumbu ini, saat data masuk sudah mencapai 100%. Sementara diperingkat kedua peraih suara terbanyak didapatkan pasangan calon nomor urut 01, Syarifuddin H. Maming (SHM)-Muhammad Alpiya Rahman (MAR) dengan 39, 80%.

Sedangkan diurutan terakhir paslon nomor 02, Mila Karmila-Zainal Ariffin memperoleh 2, 32% suara. Dalam perhitungan cepatnya, JSI menggunakan metedo random sampling di 240 tempat pemungutan suara (TPS), dengan sampling error’ sekitar 1%. Menariknya dari survei JSI angka partisipasi pemilih pada pilkada kali ini cukup tinggi, yakni mencapai 81, 85%.

Lembaga survei lainnya, Indikator Politik Indonesia juga menempatkan paslon ZR sebagai pemenang hasil quick countnya diangka 57, 09%. Kemudian disusul SHM-MAR 39, 9% dan Mila-Zainal 2, 41% suara ketika data masuk mencapai 100%.

Demikian juga Charta Politika Indonesia, dalam rilisnya Rabu (9/1) malam menutup Quick Count pilkada Tanah Bumbu untuk keunggulan Zairullah-Rusli raihan suara mencapai 57, 24%. Saat data suara masuk 100%, paslon nomor urut 01, Syafruddin-Alpiya hanya memperoleh suara sekitar 39, 9%, yang kemudian disusul Karmila-Zainal Ariffin dengan posisi angka 2,48%.

Selain itu, lembaga survei nasional lainnya juga turut melakukan perhitungan cepat, seperti Jaringan Survei Inisiatif dan Team Dozer Real Count. Kedua lembaga ini mengupdate rilis terakhir, Kamis (10/12) dengan perhitungan data masuk 100%, yakni masing-masing perolehan suara juga untuk keunggulan Zairullah-Rusli. Jaringan Survei Inisiatif mencatat kemenangan ZR dengan angka 59,69% dan Dozer 57,65%.

Kemenangan paslon ZR versi perhitungan cepat lima Lembaga Survei Independen ini disambut haru Tim Pemenangan dan Relawan. Mereka sangat bersyukur perjuangan mereka selama 3 bulan terakhir selama tahapan pilkada berlangsung, hasil yang diraih sangat memuaskan, karena perolehan suara unggul mutlak dibanding paslon lainnya.

“Usaha keras dan perjuangan semua tim dan relawan yang terlibat selama ini tidak sia-sia. Kemenangan mutlak ini pantas didapatkan karena upaya maksimal kami semuanya,” ucap Panglima Dozer, Rully Rozano.

Namun pihaknya tidak akan jumawa dengan keunggulan ini. Pasalnya perjalanan masih panjang, karena untuk memastikan kemenangan ZR masih menunggu perhitungan manual (real count) KPU yang sudah berlangsung usai pencoblosan.

“Tim dan relawan akan mengawal kemenangan ini hingga selesainya perhitungan manual di KPU, sampai penetapan menang diumumkan,” pungkasnya.

Terpisah, keunggulan paslon ZR diakui Ketua Tim Pemenangan rival terberat, yakni pasangan calon nomor urut 01, SHM-MAR, Mardani H. Maming yang legowo menerima hasil pilkada ini. Melalui tayangan video yang di-posting dimedsos, mantan bupati Tanah Bumbu periode 2010-2018 ini mengucapkan selamat atas keberhasilan ZR meraih suara terbanyak. (**/Red1)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *