Percepat Pelayanan Data Kependudukan, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Tanbu Dilaunching

Percepat Pelayanan Data Kependudukan, Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Tanbu Dilaunching

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu H. M. Zairullah Azhar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin secara simbolis me-launching mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Simpang Empat, Rabu (15/09/2021).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Plt Kepala Disdukcapil Gento Hariadi, Camat Simpang Empat dan para Kades serta RT se-Kecamatan Simpang Empat.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Disdukcapil Gento Hariadi menyampaikan bahwa Simpang Empat merupakan Kecamatan dengan kepadatan penduduk terpadat di Kabupaten Tanah Bumbu.

Hal tersebut menurutnya tidak lepas dari tingginya tingkat mobilitas warga pendatang dari luar daerah yang kemudian tinggal dan menetap di Simpang Empat.

“Banyak penduduk pendatang yang belum merubah identitasnya, mereka datang ke Tanah Bumbu mencari nafkah namun identitasnya belum dirubah, inilah yang harus kita tertibkan terkait pendataan tersebut,” jelas Gento.

Angkat pendataan yang tidak akurat inilah yang dikhawatirkan akan memberikan berbagai macam dampak yang akan merugikan masyarakat itu sendiri seperti dampak ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu dalam kesempatan tersebut, pihak Disdukcapil Tanbu juga akan melaksanakan Sosialisasi Peraturan Bupati No 7 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pendataan Penduduk Nonpermanen.

Sementara itu terkait mesin ADM, Gento menjelaskan bahwa mesin ADM berfungsi untuk mencetak dokumen kependudukan berupa KTP el, KIA, Akta Pencatatan Sipil dan Kartu Keluarga secara mandiri.

“Jadi ADM fungsinya seperti ATM, kalau ATM untuk mengambil dan mengeluarkan uang, sedangkan ADM untuk mencetak dokumen kependudukan,” ujarnya.

“Mesin ADM untuk Kabupaten Tanah Bumbu merupakan batuan dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, Kementrian Dalam Negeri di tahun 2020 sebagai reward pelayanan terbaik dan cakupan dokumen tertinggi kategori kabupaten kecil,” ungkapnya.

Kemudian Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar dalam sambutanya yang disampaikan Asisten Administrasi Umum Andi Aminuddin mengatakan bahwa dengan adanya Sosialisasi Penduduk Nonpermanen dan ADM ini sejalan dengan adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi.

“Dengan adanya Mesin ADM, dapat merubah paradigma Disdukcapil menjadi mudah cepat responsif dan transparan,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa dengan adanya ADM yang bisa mencetak KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Keluarga ini merupakan terobosan yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Acara kemudian diakhiri dengan demo untuk mencetak Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada mesin ADM oleh Andi Aminuddin dan dapat berfungsi dengan baik pada saat diuji. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *