Petani Muda di Tanbu Ikuti Pelatihan Literasi Keuangan

Petani Muda di Tanbu Ikuti Pelatihan Literasi Keuangan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Dinas Pertanian menggelar Kegiatan Literasi Keuangan Bagi Petani Milenial yaitu para calon penerima manfaat program kegiatan Youth Entrepreneurship And Employment Support Services Programme (YESS PROGRAMME) wilayah Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Simpang Empat, Kamis Pagi (4/11).

Youth Entrepreneurship And Employment Support Services Programme PPIU Kalimantan Selatan adalah Program yang dicanangkan dapat mengembangkan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda di sektor pertanian.

H Hairuddin, SP selaku Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu mengungkapkan tujuan dari pada YESS Programme ini adalah untuk membangun kewirausahaan dan ketenagakerjaan di sektor pertanian dengan melibatkan dan meningkatkan peran para pemuda di pedesaan.

“Pelaksanaan Program YESS perlu melibatkan berbagai instansi pemerintah, pelaku usaha dan lembaga sosial masyarakat terkait dari tingkat pusat sampai kecamatan bahkan tingkat desa, sehingga diperlukan sosialisasi promosi dan penyamaan persepsi kepada semua pihak terkait/stakeholder,” katanya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu juga mengharapkan program ini dapat menjadi modal utama dalam pembangunan pertanian yang akan melahirkan tenaga kerja kewirausahaan muda pertanian yang akan mewujudkan perekonomian daerah berbasis pengembangan potensi maritim dan agroindustri di Bumi Bersujud.

Hal ini pun dianggap mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dengan salah satunya mampu meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dan peningkatan produktivitas usaha sektor pertanian.

Muhammad Fattah salah seorang Peserta Pelatihan Literasi Keuangan dari Kecamatan Batulicin mengatakan dirinya sudah dua kali mengikuti kegiatan dalam lingkup Program YESS.

“Materi yang saya dapatkan hari ini adalah belajar mengelola keuangan tingkat dasar dan mengisi pada buku yaitu tabel komitmen sebagai bentuk kesiapan mengelola keuangan bersama keluarga. Materi ini penting untuk teman-teman milenial supaya bisa mengelola keuangan dengan baik serta bagaimana cara menginvestasikan uang secara tepat, harapannya kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi para milenial agar bijaksana dalam mengelola keuangan,” harapnya.

Ia menambahkan, setelah mengikuti kegiatan dari Program YESS ini dirasanya ada beberapa perubahan termasuk bagaimana caranya melihat situasi dan kesempatan pertanian di daerah masing-masing. Selain ia juga menyarankan, bahwa meski forum kegiatan ini dinilai sudah baik namun menurutnya perlu ditambah pembentukan tim dengan peserta agar lebih aktif dalam membangun gairah semangat peserta supaya lebih kreatif dan inovatif.

Adapun materi Literasi Keuangan disampaikan oleh Rohaidah, SE, MM dengan beberapa penyampaian materi yaitu pengertian dari perencanaan keuangan dan bagaimana cara merencanakan keuangan dengan baik, sasaran peserta adalah pemuda desa atau petani milenial pada Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu sekitar 27 orang. (*/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *