Bimtek SPIP Wujudkan Efektivitas Tata Kelola Pemerintahan

Bimtek SPIP Wujudkan Efektivitas Tata Kelola Pemerintahan

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Inspektorat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko (MR) Pemerintah Daerah.

Kegiatan yang digelar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Selasa (09/11/2021), diikuti peserta sebanyak 49 Kasubbag Perencanaan dari SKPD lingkup Pemkab Tanbu.

Inspektur Ir. H. Riduan melalui Sekretaris Inspektorat Daerah Drs H. Ahmad Fauzi menyampaikan bahwa dasar dilaksanakannya bimtek ini mengacu kepada Peraturan Kepala BPKP Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

“Dengan adanya Bimtek SPIP ini akan semakin memudahkan tiap-tiap SKPD untuk melakukan pengendalian internal sehingga program yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan serta dapat dipertanggungjawabkan secara transparan,” jelasnya.


Inspektur Pembantu Wilayah II, Drs Abdul Latif menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu, baik dari aspek perencanaan, kinerja, maupun dalam hal pengelolaan keuangan pemerintahan.

Oleh karena itu dirinya berharap agar para peserta dapat memanfaatkan momen. tersebut dengan mengikuti Bimtek dengan sungguh-sungguh.

“Melalui kegiatan ini kita ingin agar perencanaan yang disusun oleh SKPD mempertimbangkan aspek pengendalian, dan disiplin sehingga dapat terwujudnya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah,” sebutnya.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan dua hari pada 9-10 November 2021 bertempat di Gedung Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat. (*/red).

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *