Pemkab Tanbu Bersama Stakeholder Gelar Rakor Antisipasi Bencana

Pemkab Tanbu Bersama Stakeholder Gelar Rakor Antisipasi Bencana

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu H M Zairullah Azhar memimpin Rapat Koordinasi bersama sejumlah Stakeholder Penanggulangan Bencana di Ruang Rapat Bupati, Kamis (18/11/2021).

Adapun yang menjadi pokok pembahasan dalam rapat ini yaitu antisipasi menghadapi Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Gelombang Pasang Laut (ROB) di Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021.

Bupati Zairullah Azhar dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemerintah Daerah sedang berusaha secara maksimal untuk melakukan perencanaan serta penanganan secara menyeluruh dalam rangka menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi.

“Dan kalau bisa memprediksi bencana yang akan mungkin terjadi dan sering dihadapi pada musim hujan, dimana ada beberapa daerah yang mempunyai langganan banjir, perlu diwaspadai persoalan kedekatan wilayah kita dengan wilayah laut,” pungkasnya.

Bupati menekankan bahwa Pemerintah Daerah punya tanggungjawab bersama-sama Forkopimda dan semua stakeholder yang terkait dalam menanggulangi serta mencegah terjadinya bencana.

Selain itu juga disebutkan bahwa perlu adanya keterlibatan masyarakat sehingga penanggulangan bencana dapat diatasi dengan lebih efektif.

“Dengan persiapan yang lebih matang kita berharap ketika terjadi musibah maka kita sudah dapat secara cepat dan sigap melakukan langkah langkah penggulingannya,” harapnya.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, Dwi Kesuma Putra, menyampaikan bahwa rapat ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi seluruh stakeholder terkait dalam rangka menentukan langkah-langkah kesiapsiagaan dan antisipasi dalam menghadapi potensi bencana yang dapat terjadi di musim penghujan sebagai dampak dari fenomena La Nina.

Kegiatan Rapat Koordinasi ini dihadiri sebanyak 32 orang, terdiri dari pimpinan SKPD, Forkopimda, Lembaga Institusi, Organisasi dan dunia usaha yang terlibat dengan penanggulangan bencana. (Rel/Red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *