Bupati Tanbu Buka Festival Anak Daerah dan Kukuhkan Bunda Baca

Bupati Tanbu Buka Festival Anak Daerah dan Kukuhkan Bunda Baca

Obsesirakyat.com, Tanah Bumbu – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar membuka Festival Anak Daerah sekaligus mengukuhkan Bunda Baca Kabupaten Tanah Bumbu Periode 2021-2025 di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Kamis (09/12/2021).

Adapun acara ini merupakan kegiatan Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu yang didukung oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBP3A) serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip).

Ketua Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Tanah Bumbu sekaligus Ketua Pelaksana, Ahmad Fauzi, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah serta unsur terkait lain yang membantu FAD Tanbu dalam mensukseskan terselenggaranya kegiatan ini.

“Ini merupakan momentum untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap hak-hak anak yang kita lindungi dan semestinya harus kita hargai,” ucap Fauzi.

FAD Tanah Bumbu sebagai wadah berkumpulnya putra-putri daerah terus mendorong dan memberikan pemahaman kepada khalayak umum bahwa anak merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dibekali dengan nilai keimanan, kepribadian, serta kecerdasan, agar dapar tumbuh menjadi manusia yang berbudi luhur.

Fauzi berharap kepada para Stakeholder agar dapat memberikan perhatian terhadap tumbuh kembang anak dengan cara pemenuhan hak-hak anak serta perlindungan bagi anak di bidangnya masing-masing.

“Mendorong Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Kabupaten Layak Anak, meningkatkan peran keluarga dalam pengasuhan terutama orang tua dalam melibatkan diri terkhusus untuk mendampingi anak dalam waktu luangnya,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Tanah Bumbu dalam sambutannya menyampaikan bahwa perkembangan teknologi memberikan dampak positif maupun dampak negatif yang erat dirasakan oleh anak-anak di zaman sekarang.

Zairullah mencontohkan seperti penggunaan handphone atau gadget yang berlebihan dan kurang dimanfaatkan dengan baik untuk memberikan pengetahuan atau ilmu baru.

Oleh sebab itu dirinya berharap kegiatan seperti ini tidak hanya sebatas menjadi seremonial belaka, melainkan perlu dilanjutkan dengan upaya serta kerja keras untuk mewujudkan generasi penerus yang gemilang.

“Salah satu fondasi penting dalam belajar yaitu membaca, kegiatan ini adalah komitmen dan upaya strategi kita bersama untuk mendorong minat baca anak anak di Bumi Bersujud,” ucap Zairullah.

Dirinya menekankan bahwa Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait akan mendukung kegiatan seperti ini demi kepentingan Sumber Daya Manusia di masa yang datang.

“Karena bagaimanapun juga masa depan kita ditentukan oleh Sumber Daya Manusia yang kita persiapkan di masa sekarang dan tentu kedepannya persaingan juga akan semakin keras,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, selain membuka Festival Anak Daerah dan mengukuhkan Bunda Baca, Bupati Tanah Bumbu juga melaunching aplikasi perpustakaan digital yang bernama iTanbu.

Peluncuran iTanbu dipimpin Bupati Tanah Bumbu didampingi Bunda Baca Hj Wahyu Windarti, Sekretaris Daerah H. Ambo Sakka dan Ketua DWP Tanbu serta disaksikan sejumlah tamu undangan.

Adapun iTanbu sendiri merupakan layanan perpustakaan digital dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tanah Bumbu, yang dapat diakses secara mudah selama 24 jam dan diharapkan dapat mendorong minat baca anak-anak serta masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu. (Fer/red)

Share this Post :

No comments yet.

Please Post Your Comments & Reviews

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *